Sekda Bengkalis: Koperasi Jadi Motor Penggerak Ekonomi Masyarakat

id sekda bengkalis, koperasi jadi, motor penggerak, ekonomi masyarakat

Sekda Bengkalis: Koperasi Jadi Motor Penggerak Ekonomi Masyarakat

Bengkalis (Antarariau.com)- Sempena peringatan Hari Koperasi ke-69 tingkat Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Daerah H Arianto meminta koperasi di daerah itu meningkatkan kreatifitas.

“Koperasi menjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat. melalui koperasi, kita mampu membangun kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa tergantung pada pihak asing,” kata Sekretaris Daerah H. Arianto, usai peresmian bazar produk unggulan koperasi dan ukmsempena peringatan hari koperasi, Senin.

Menurut dia, Pada peringatan yang ke-69 tahun 2016 ini, kondisi koperasi di kabupaten bengkalis belum membanggakan, karena dari total koperasi sebanyak 871 koperasi, sebanyak 452 atau sekitar 51,89 persen koperasi merupakan koperasi aktif. Namun dari total itu, sebanyak 29,87 persen atau 135 koperasi yang benar-benar menjalankan kewajiban sebagaimana diamanahkan anggaran dasar/anggaran rumah tangga, yakni rapat anggaran tahunan.

“Melihat perkembangan koperasi di kabupaten Bengkalis saat ini, tentu menjadi tantangan yang harus kita hadapi. Untuk itu, kami minta agar dinas koperasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bergerak cepat dan melakukan berbagai inovasi serta terobosan, guna memajukan koperasi di daerah ini. Seperti, menertibkan sejumlah koperasi yang hanya tinggal nama atau koperasi yang tidak aktif,” katanya menegaskan.

Terlebih lagi, lanjutnya Kementerian Koperasi UMKM Republik Indonesia telah meluncurkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) terhadap koperasi aktif, sehingga memudahkan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap koperasi yang ada.

“Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bengkalis, sehingga koperasi sebagai suko guru perekonomian Indonesia benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh elemen di negeri junjungan yang sama-sama kita cintai ini,” katanya.