Maju Kembali Pilkada 2017, Petahana Pekanbaru Positif Didukung PDIP

id maju kembali, pilkada 2017, petahana pekanbaru, positif didukung pdip

Maju Kembali Pilkada 2017, Petahana Pekanbaru Positif Didukung PDIP

Pekanbaru (Antarariau.com) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyatakan positif mengusung calon petahana saat ini yakni Wali Kota Pekanbaru, Firdaus untuk maju bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah setempat Februari 2017.

Bendahara Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Riau, Makmun Solihin di Pekanbaru, Selasa menjelaskan sebelumnya ada dua nama yang disampaikan Ketua Partai Kordias Pasaribu. Namun saat ini ketua sudah memutuskan satu nama yakni Firdaus menjadi bakal Calon Walikota Pekanbaru.

"Ini menggarisbawahi apa yang di sampaikan Ketua DPD kemarin, Senin (22/8) yang menyebutkan dua nama yakni Pak Firdaus dan Dwi Agus Sumarno. Namun akhirnya diputuskan Pak Firdaus karena intens disiplinnya berkomunikasi dengan kita," katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, penunjukan Firdaus sudah melalui mekanisme yang ada. Semuanya sudah berjalan semestinya dan tinggal menunggu Surat Keputusan saja lagi.

Saat ditanyakan apakah untuk posisi bakal calon wakil Firdaus di Pilkada 2017 nanti itu dari kader PDI Perjuangan, dia mengatakan saat ini masih melakukan komunikasi intens dengan bakal calon petahana tersebut." Itu yang tengah kita komunikasikan dengan Pak Firdaus, dan kita juga sudah mengajukan ke Dewan Pimpinan Pusat kader potensial kita supaya bisa mendampingi Firdaus di Pilkada nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Firdaus sendiri disebut juga telah diusung oleh partainya yakni Demokrat. Dengan demikian terjadi komposisi antara Demokrat yang memiliki enam kursi dan PDIP yang mempunyai lima kursi di DPRD Pekanbaru. Sedang syarat untuk mengusung calon jumlahnya sembilan kursi yang artinya Firdaus telah memenuhinya.

Untuk diketahui di Provinsi Riau hanya akan ada dua pilkada yakni di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru. Untuk Pilkada Kampar PDIP berkoalisi dengan PAN mengusung bakal calon Zulher-Dasril Afandi.

"Untuk Pilkada Kampar sudah diputuskan mengusung Zulher-Dasril Afandi. Surat Keputusannya sudah dari Dewan Pimpinan Pusat. Untuk Kampar ini koalisi PDIP, PKPI, dan Golkar Insya Allah," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah PAN Riau, Zainal Abidin.