Gugur Dalam Tugas, Pratu Wahyudi Diusulkan Terima Penghargaan

id gugur dalam, tugas pratu, wahyudi diusulkan, terima penghargaan

Gugur Dalam Tugas, Pratu Wahyudi Diusulkan Terima Penghargaan

Dumai (Antarariau.com) - Komandan Korem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi akan mengusulkan penghargaan untuk Pratu Wahyudi yang gugur dalam tugas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Rokan Hilir Riau ke pimpinan TNI.

Brigjen Nurendi di Dumai, Selasa mengatakan, penghargaan yang akan diusulkan untuk prajurit TNI Den Arhanud Rudal 004 Dumai ini karena dinilai rela berkorban jiwa raga demi bangsa dan patuh terhadap pimpinan.

"Saya akan usulkan penghargaan untuk prajurit gugur dalam tugas ini kepada pimpinan sesuai kriteria dan ketentuan berlaku," kata Danrem dalam keterangan pers usai menyambut kedatangan jasad Pratu Wahyudi di RSUD Dumai, Selasa.

Danrem menyampaikan sangat kehilangan dan berduka cita atas kepergian Pratu Wahyudi yang telah mengabdi menjadi TNI selama enam tahun dan setia serta patuh menjalankan amanah melakukan penanganan karlahut di Kampung Medan Kabupaten Rohil.

Sosok Wahyudi yang berencana akan menikah ini, lanjut Danrem, merupakan prajurit yang penurut, patuh terhadap perintah pimpinan dan tidak banyak bicara sehingga disenangi sesama anggota TNI di satuan Den Arhanud Rudal Dumai.

"Pratu Wahyudi sudah bertugas jadi TNI selama enam tahun dan semasa hidupnya mampu bertugas dengan baik dan selalu siap menerima perintah dari atasan, termasuk dalam upaya penanganan karlahut ini," terang Danrem.

Diterangkan Nurendi, penanganan karlahut bukan pekerjaan mudah karena satuan tugas pemadaman harus bekerja keras dan siap berkorban jiwa raga di lapangan di tengah keterbatasan peralatan dan medan yang sulit serta berbahaya.

Karena itu, dia mengimbau seluruh masyarakat untuk menghentikan kegiatan membuka lahan dengan cara membakar karena akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan menganggu kesehatan manusia.

Korem 031 Wirabima yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Karlahut Provinsi Riau untuk kedepan akan bertindak tegas kepada para pembakar lahan dan tetap persuasif mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan.

Ikut mendampingi Danrem dalam kegiatan penyambutan jasad prajurit gugur, yaitu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto, Wali Kota Dumai Zulkifli As, Bupati Rokan Hilir Suyatno, Kepala BPBD Riau dan unsur pimpinan daerah.