PLN Bagansiapiapi Bangun Gardu Induk Berkapasitas 150 Kilovolt

id pln bagansiapiapi, bangun gardu, induk berkapasitas, 150 kilovolt

PLN Bagansiapiapi Bangun Gardu Induk Berkapasitas 150 Kilovolt

Rokan Hilir (Antarariau.com) - PT PLN Rayon Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau terus mengerjakan pembangunan gardu induk berkapasitas 150 kilovolt (KV) yang dipusatkan di Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko.

Kepala PLN Rayon Bagansiapiapi Fery Sajun Naibaho, di Bagansiapiapi, Selasa, mengatakan pengerjaan saat ini baru mencapai 15 persen dan ditargetkan 2017 pembangunannya selesai, sehingga pada awal 2018 mendatang bisa beroperasi.

"Jika sudah beroperasi, gardu induk berkapasitas 150 KV itu akan mampu melayani lima kecamatan, di antaranya Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar, Pekaitan, dan Rimba Melintang," kata Fery lagi.

Ia mengatakan setelah selesai pembangunan nanti, maka ada tiga buah gardu induk yang akan mengaliri arus listrik ke Rokan Hilir, yakni Gardu Induk Duri, Bagan Batu, dan Bagansiapiapi sendiri.

Bukan hanya itu, katanya lagi, dengan adanya ketiga gardu induk itu, maka saat ini rasio elektrifikasi (RE) 75 persen bisa surplus menjadi 100 persen.

"Selama ini untuk listrik masih memakai PLTA yang jaraknya sangat jauh, sehingga sering terjadi pemadaman karena gangguan. Jika gardu induk sudah rampung diharapkan dapat mengatasi permasalahan listrik yang sering terjadi belakangan ini," ujarnya pula.

Pada Selasa siang, pekerja dengan menggunakan dua alat berat jenis ekskavator dan bomag masih terus melakukan penimbunan, sekaligus perataan tanah di lokasi yang akan dibangun gardu induk.

"Dua hari ke depan ini penimbunan diperkirakan sudah selesai, tinggal lagi tahapan penyelesaian top level dan pengeboran biotek agar fondasi bisa ditanam mulai pekan depan," kata salah satu pekerja itu pula.