Panwaslu Pekanbaru Lantik 36 Panitia Panwascam

id panwaslu pekanbaru, lantik 36, panitia panwascam

Panwaslu Pekanbaru Lantik 36 Panitia Panwascam

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 36 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pekanbaru dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilihan setempat.

"Selamat kepada yang baru dilantik dan dapat segera melakukan tugas-tugas pengawasan terhadap tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru 2017," kata Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution usai Pelantikan Anggota Panwascam Se-Kota Pekanbaru di salahsatu hotel Pekanbaru, Selasa.

Indra Khalid Nasution menjelaskan Panwascam yang sudah dilantik agar tetap menjunjung asas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, dan efektifitas dalam menjalankan tugas-tugas pengawasannya.

"Panwascam terpilih nantinya harus segera berkoordinasi dengan stakeholder di wilayah kerja masing-masing guna penataan kelembagaan untuk persiapan pembentukan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) yang akan membantu tugas Panwascam terpilih dalam pengawasan tahapan Pilwako Pekanbaru¿ 2017 di tingkat kelurahan, " katanya menjelaskan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus yang ikut hadir pada pelantikan berpesan kepada yang sudah dilantik agar benar-benar bekerja memberikan rasa aman dan nyaman dalam proses Pilwako 2017.

Apalagi sebut dia panwas sudah menerbitkan logo dan tagline untuk mensukseskan proses Pilwako 2017 yakni "awasi rame-rame, coblos dengan damai".

"Maka itu tugas bapak dan ibu yang sudah dilantik menciptakan rasa damai," tegasnya.

Menurutnya rasa aman dan nyaman yang tercipta sangat dibutuhkan kota Ini agar tercipta pertumbuhan ekonomi Pekanbaru.

"Kota Pekanbaru kota investasi maka kedamaian dibutuhkan. Kita harus menciptakan kota yang aman damai," katanya lagi.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Provinsi Riau Edi Syaripudin, menambahkan pesan yang agak tegas bagi para Panwascam yang sudah dilantik yakni mereka harus memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya.

"Bersikaplah dewasa janganlah seperti anak-anak, didiklah diri anda agar berkarakter. Kalau saudara tidak mampu mengawal proses Pilwako kedepan akan ada evaluasi," tegasnya.

Sekedar informasi Panwas Pekanbaru sudah melakukan penjaringan Panwascam. Dengan jadwal pengumuman pemilihan dibuka 19-25 Juli 2016.

Selanjutnya tanggal 26 Juli hingga 1 Agustus dilakukan proses menerima berkas Panwascam. Ada 364 yang mendaftar dan hanya dua yang tidak lulus seleksi administrasi.

Kemudian tes tertulis dilakukan bagi 331 peserta dan pengumuman kelulusan 14 Agustus ada 72 orang.

Terakhir tanggal 15-16 Agustus sesi wawancara dan diperoleh 36 terbaik, atau satu kecamatan ada tiga orang.