Kadispas Pekanbaru Nyatakan Bangunan Ramayana Eks Kebakaran Layak Pakai

id kadispas pekanbaru, nyatakan bangunan, ramayana eks, kebakaran layak pakai

Kadispas Pekanbaru Nyatakan Bangunan Ramayana Eks Kebakaran Layak Pakai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengumumkan bahwa bangunan Plaza Ramayana eks kebakaran di wilayah setempat masih layak pakai.

"Uji kontruksi bangunan tersebut telah rampung dan dinyatakan bangunan gedung masih layak pakai," kata Kepala Dinas Pasar (Dispas) Kota Pekanbaru Mahyuddin di Pekanbaru, Rabu.

Mahyuddin menjelaskan pascakebakaran hebat yang menghanguskan hampir seluruh bangunan Plaza Sukaramai pada Desember 2015 itu hanya butuh renovasi.

"Berdasarkan laporan dari tim independen pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Jendral Sudirman itu, ke depannya Plaza cukup direnovasi saja dan tidak perlu dibangun baru," terang Mahyuddin.

Karena sebut dia bangunan Plaza Sukaramai yang terbakar masih kokoh dan bisa digunakan.

Untuk itu sambungnya menindaklanjuti rekomendasi oleh tim, Pemerintah Kota (Pemko) dan pihak pengelola, yakni PT Multi Papan Perkasa (MPP) sudah merancang perbaikan , tidak perlu membangun baru namun cukup merenovasi.

"Saya tidak pas menjelaskan soalnya terlalu teknis, tapi intinya cukup direnovasi saja," tegasnya.

Berbicara kapan mulai proses renovasi, kendati hasil uji kontruksi telah keluar, Mahyuddin sampai saat ini belum bisa memastikan kapan pembangunan akan dilakukan. Karena Pemko Pekanbaru tengah membentuk tim untuk renovasi Plaza Sukaramai.

Dia menambahkan, tim tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan PT MPP terkait sistem pembangunan, pembiayaan, dan lain sebagainya.

"Bangunan tersebut masih menjadi tanggung jawab pengelola sesuai kontrak," terangnya lagi.

"Pembentukan diketuai Asisten III, sudah saya konsep dan tinggal menunggu ditandatangani walikota untuk selanjutnya bisa bekerja," katanya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan Plaza Ramayana Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman mengalami kebakaran hebat Selasa (8/12/2015) pukul 16.00 WIB dan perlu waktu lama untuk pemadamannya.

Walau tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian material mencapai Rp1 triliun dan 1.800 pedagang kehilangan kiosnya.

Saat ini para pedagang tersebut ditempatkan pada TPS yang dibangun di parkiran sekitar Plaza Ramayana.