Jelang Penetapan Akreditasi, Tim Surveyor RSUD Bengkalis Lakukan Penilaian Lapangan

id jelang penetapan, akreditasi tim, surveyor rsud, bengkalis lakukan, penilaian lapangan

Jelang Penetapan Akreditasi, Tim Surveyor RSUD Bengkalis Lakukan Penilaian Lapangan

Bengkalis (Antarariau.com)- Tim Surveyor Jakarta pusat akan bertugas selama tiga hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, sebelum penetapan status akreditasi.

Tim surveyor tersebut terdiri dari tiga orang yang diketuai oleh Dr Tedjo W Putranto, Dr Suhaeningsih dan Dr Siswanto. Tim surveyor ini akan bertugas di RSUD Mandau untuk melakukan penilaian dan melihat langsung kinerja staf maupun tenaga medis di RSUD tersebut, dan pada Rabu (24/8) tim sudah meninjau langsung RSUD Mandau bersama Bupati Bengkalis.

Ketua Tim Surveyor, Dr Tedjo W Putranto, mengatakan, kehadiran timnya bukan untuk melakukan audit, namun semata-mata untuk melihat regulasi yang dibuat, apakah sudah dipatuhi oleh seluruh karyawan di RSUD Mandau tersebut.

“Jangan ada yang ditutup-tutupi, kami minta kepada karyawan untuk memberikan kerja sama terhadap apa yang diminta oleh tim. Karena survey ini sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan RSUD Mandau dalam jangka panjang,” kata Ketua Tim, Dr Tedjo dalam keterangannya di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan, menghadapi dinamika masyarakat saat ini, pemerintah melalui kementerian kesehatan, mewajibkan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Adapun dasar hukumnya pelaksanaan akreditasi tersebut diantaranya, yaitu Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” katanya.

Selain itu lanjutnya lagi, tujuan akreditasi dimaksud, juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang bersangkutan karena berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

“Kemudian, agar proses administrasi, biaya serta penggunaan sumber daya akan menjadi lebih efisien. Untuk menciptakan lingkungan internal rumah sakit yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien,” katanya.