Sampai Saat ini, Disdik penyumbang Hewan Kurban terbanyak Di Pekanbaru

id sampai saat, ini disdik, penyumbang hewan, kurban terbanyak, di pekanbaru

Sampai Saat ini, Disdik penyumbang Hewan Kurban terbanyak Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan dapat menyumbang 21 hewan kurban baik sapi maupun kambing untuk perayaan Idul Adha 1437 Hijriah.

"Jumlah ini meningkat dari tahun 2015 yang hanya 19 ekor," kata Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Pekanbaru H Idrus di Pekanbaru, Kamis.

Idrus menjelaskan, pihaknya optimistis hal itu akan tercapai melihat jumlah hewan kurban yang sudah terkumpulkan dari sumbangan beberapa satuan kerja yang ada saat ini.

"Saat ini sudah mencapai 19 ekor, ada dari Disdik, BPT-PM dan lain-lain," katanya.

Ia yakin jumlah sapi yang terkumpul itu masih akan berubah seiring waktu, sama seperti tahun sebelumnya.

Dari 19 sapi kurban yang terkumpul terbanyak sumbangan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru.

"Kami masih menunggu para pegawai yang ingin berkurban," tegasnya.

Ia merinci dari 19 yang sudah ada sebanyak 14 ekor berasal dari sumbangan Dinas Pendidikan, satu dari BPT-PM, satu Dinas Tata Ruang, dan tiga gabungan dari beberapa satker.

Dia memperkirakan pada tahun 2016, jumlah hewan kurban akan meningkat dibanding tahun 2015, walau di tengah krisis ekonomi.

"Tahun lalu ada jumlah hewan kurban 17 sapi dan dua kambing, kini kami targetkan akan ada 21-22 ekor sapi terkumpul," tegasnya.

Menurut dia, hewan kurban sapi ini diperoleh dari sumbangan para peserta yakni ASN dan pejabat di lingkungan Pemkot Pekanbaru, nilainya sebesar Rp2 juta per orang.

Sapi itu nantinya akan dibagikan sesuai jumlah kupon yang disediakan. Walau jumlahnya belum bisa memperkirakan, lantaran masih akan ada peserta yang ikut berkurban.

Ia menambahkan selain hewan tersebut disembelih di halaman Gedung Pemkot Pekanbaru maka beberapa ekor akan disalurkan ke beberapa kelompok masyarakat di daerah pinggiran.

"Wali kota ingin masyarakat daerah pinggiran juga merasakan kurban," tambahnya.

Ia menambahkan penutupan pendaftaran kurban akan dilakukan sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus saat dimintai tanggapannya terkait persiapan perayaan Idul Adha mengajak semua pihak baik tokoh dan alim ulama serta masyarakat sama-sama menjaga kondisi keamanan dan kenyamanan kota.

"Kami juga minta pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nantinya pada hari H tidak merusak lingkungan dan berlangsung aman," katanya.