Bupati Bengkalis Apresiasi Kinerja Satgas Karlahut

id bupati bengkalis, apresiasi kinerja, satgas karlahut

Bupati Bengkalis Apresiasi Kinerja Satgas Karlahut

Bengkalis (Antarariau.com) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, meninjau lokasi kebakaran di kawasan Gaspon, Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis, sebagai bentuk dukungan kepada petugas yang memadamkan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Di lokasi karlahut, Bupati Bengkalis Amril Mukminin langsung turun menemui petugas yang tengah bekerja keras memadamkan api. Tidak hanya di pinggir jalan, mantan Kepala Desa Muara Basung ini juga, masuk ke areal lahan untuk menyaksikan langsung proses pemadaman bara api yang berada di kedalaman gambut.

"Kita salut dengan petugas di lapangan yang memadamkan api. Terima kasih kami ucapkan, semoga pengabdian petugas di lapangan dicatat sebabai amal ibadah. Kita minta jaga istirahat dan kesehatan, karena kerja memadamkan kebakaran lahan dan hutan ini, membutuhkan stamina yang kuat," kata bupati saat meninjau petugas yang sedang melakukan pemadaman api.

Menurut dia, melihat kondisi lahan yang terbakar yang sangat parah, selain upaya pemadaman di lapangan, butuh keajaiban agar titik api di lahan yang terbakar benar-benar padam, karena bara api yang masuk ke dalam tanah gambut sangat sulit dipadamkan, mengingat lahan yang terbakar sangat luas dan petugas kesulitan mendapatkan pasokan air.

"Mudah-mudahan malam ini, turun hujan lebat, sehingga api benar-benar padam. Kalau tidak kebakaran lahan di daerah ini sulit sekali dipadamkan," katanya.

Di hadapan Kapolsek Pinggir dan para petugas pemadam Karlahut, bupati memberikan apresiasi atas kerja keras yang dilakukan selama sepekan untuk memadamkan karlahut di lahan perkebunan sawit milik warga. Para petugas diminta untuk tetap bersabar dan menjaga kesehatan.

Sejak sepekan, petugas gabungan dari Polsek Pinggir, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan dibantu masyarakat peduli api (MPA) bekerja keras memadamkan kebakaran lahan perkebunan sawit milik warga seluas sekitar 100 hektare.

Meskipun kobaran api tidak lagi ditemukan, namun bara api masih membakar lahan gambut, sehingga menyebabkan kabut asap tepat di kawasan lahan yang terbakar.

Tim pemadam karlahut dipimpin Kapolsek Pinggir, Raden Edi S, dengan mengerahkan personil sebanyak 30 orang dari Polsek, 8 personil TNI, petugas MPA sebanyak 15 orang dan dibantu anggota Satpol PP kecamatan Pinggir serta anggota pemadam kebakaran Kecamatan Pinggir. Tidak hanya itu, petugas pemadam karlahut dibantu 100 warga dari desa Pangkalan Libut dan Sukamaju, Kecamatan Pinggir.