Pemko Pekanbaru Tetapkan Malam Hari Sebagai Waktu Untuk Membuang Sampah

id pemko pekanbaru tetapkan malam hari sebagai waktu untuk membuang sampah

Pemko Pekanbaru Tetapkan Malam Hari Sebagai Waktu Untuk Membuang Sampah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menetapkan jadwal pembuangan sampah rumah tangga setempat adalah pada malam hari, guna mengatasi krisis kebersihan dan menjaga lingkungan.

"Setiap warga diimbau mematuhinya," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru Zulkifli Harun di Pekanbaru, Jumat.

Zulkifli Harun menjelaskan ketetapan jadwal pembuangan sampah rumah tangga yakni mulai pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB subuh setiap harinya,

"Kami imbau masyarakat agar mematuhi jadwal membuang sampah itu, mulai dari pukul 19.00 WIB malam hingga pukul 05.00 WIB subuh, supaya petugas tidak mengangkut sampah berulang-ulang," katanya.

Menurut Zulkifli Harun menetapan jadwal membuang sampah rumah tangga ini dilakukan untuk menciptakan kedisiplinan di masyarakat Pekanbaru dalam menjaga lingkungan.

Selain juga memudahkan petugas kebersihan dan pengangkut sampah bekerja dengan jadwal yang diatur.

"Ini juga sebagai upaya menciptakan Kota Pekanbaru bersih dari sampah. Setelah krisis kebersihan yang menimpa beberapa bulan lalu harus jadi pelajaran," tegasnya.

Bagi warga yang kedapatan melanggar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerapkan sanksi tegas. Tujuannya agar masyarakat bertanggungjawab terhadap lingkungan tidak hanya mengandalkan pemerintah.

"Kedapatan membuang sampah di luar jam yang telah ditentukan. Ada nanti sanksi yang akan kami berikan," tegasnya lagi tanpa merinci berupa apa.

Namun demikian ia menambahkan pihaknya akan terlebih dahulu mensosialisasikan ini kemasyarakat karena ini bukan kebijakan baru tapi belum pernah diterapkan.

"Makanya kami sosialisasikan sekarang, supaya masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya dan tepat pada waktunya," katanya lagi.

Diakuinya sejak krisis sampah yang melanda kota beberapa bulan lalu, petugas masih kewalahan dalam membersihkan tumpukan limbah rumah tangga.

Karena banyak titik pembuangan sampah baru tercipta kala itu. Sehingga jadi lokasi sementara.

Padahal harusnya masyarakat konsisten menumpuk sampah di satu lokasi saja agar petugas tidak kehabisan waktu mencari-cari tetapi sudah pasti menuju lokasi tertentu.

Untuk itu Zul juga menimbau masyarakat selain disiplin waktu membuang limbah juga tertip tidak menaruh diasal dan sembarang tempat.

Hal ini dilakukan agar masyarakat disiplin ketika membuang sampah.

"Namun sayangnya aturan itu masih saja dilanggar karena banyak ditemukan masyarakat yang membuang sembarangan dan diluar waktu, sehingga yang tadinya telah diangkut petugas kebersihan tampak kembali menumpuk," terangnya.

Zulkifli mengaku, pihaknya kerepotan dalam pengangkutan sampah, sebab sampah yang telah diangkut dari TPS kembali menumpuk, karena masyarakat tak disiplin dalam waktu pembuangan sampah.

"Kami sudah angkut sampah waktu pagi, tapi pukul 09.00 WIB ada lagi sampah, kalau begini kan repot juga petugas ," sebutnya.

Menurutnya, apabila kebiasaan seperti ini terus dibiarkan justru akan mengesankan petugas kebersihan tidak bekerja.

"Karena itu kami akan melakukan patroli rutin di sejumlah TPS yang ada di Pekanbaru. Terutama di ruas jalan yang ramai dilalui oleh masyarakat guna menangkap warga yang tidak disiplin," katanya menutup.