Pasukan Pemukul Udara Lanud RSN Akan Kedatangan F16C/D Fighting Falcon

id pasukan pemukul udara lanud rsn akan kedatangan f16cd fighting falcon

Pasukan Pemukul Udara Lanud RSN Akan Kedatangan F16C/D Fighting Falcon

Pekanbaru (Antarariau.com) - Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I Marsekal Muda Yuyu Sutisna mengatakan pesawat tempur F16C/D Fighting Falcon Block 52ID akan segera memperkuat Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud RSN) Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Di sini (Lanud RSN) nanti rencananya akan diganti dengan F16 tipe C/D baru dari Amerika untuk mengganti F16 tipe A/B," kata Marsekal Muda (Marsmud) Yuyu Sutisna kepada Antara dalam kunjungannya di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, saat ini pesawat F16C/D Fighting Falcon Block 52ID tersebut masih berada di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Madiun. Di sana, pesawat itu dalam proses pemasangan rem udara atau establishment.

"Sekarang sedang establishment di Madiun. Nanti setelah selesai akan ditukar. Tipe A/B dibawa ke Madiun, yang baru segera di terbangkan ke sini," lanjutnya.

Namun begitu, dia mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut membutuhkan waktu karena masih banyak yang perlu diselesaikan. Diantaranya adalah kurangnya pilot yang dapat menerbangkan pesawat tempur tersebut serta perakitan di Madiun.

"Tapi diupayakan secepatnya," demikian Marsmud Yuyu.

Komandan Lanud RSN Marsekal Pertama Henri Alfiandi menyambut baik rencana kedatangan F16C/D Fighting Falcon Block 52ID.

"Pesawat itu sangat canggih. Meskipun hibah, namun sudah diupgrade dengan Block 52. Pesawat tempur itu memang akan ditempatkan di Lanud Roesmin," kata Danlanud.

Lanud RSN diperkuat oleh dua skadron udara. Selain Skadron Udara 16 yang diresmikan KSAU, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada Desember 2014 silam, "pasukan pemukul udara" itu juga sebelumnya telah diperkuat Skadron Udara 12 dengan kekuatan pesawat tempur Hawk 100/200.