Agustus 2016, Realisasi APBD Siak Masih 42 Persen

id agustus 2016, realisasi apbd, siak masih, 42 persen

Agustus 2016, Realisasi APBD Siak Masih 42 Persen

Siak (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak menyampaikan bahwa realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setempat memasuki Agustus 2016 ini masih 42 persen.

"Serapan APBD kabupaten Siak tahun anggaran 2016 masih rendah karena baru di angka 42 Persen. Sebenarnya kalau kita mengacu kepada perjalanan waktu yang sudah mendekati penghujung Agustus, seharusnya angka serapan selayaknya sudah di atas angka 60 Persen," ujar Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah di Siak, Jumat.

Ia menegaskan, walaupun masih tergolong rendah serapan APBD tahun ini, bukan berarti berbagai kegiatan atau program tidak berjalan dengan baik. Hanya saja beberapa program sedikit terkendala akibat sulitnya pencairan anggaran dari pusat ke kas daerah.

"Jika seandainya ada pihak yang kurang mengerti terkait permasalahan ini, mungkin bisa saja masyarakat berasumsi lain pada Pemkab Siak. Padahal jika dilihat dari keberhasilan Pemda dalam mengelola keuangan sudah cukup baik dan lancar," katanya lagi.

Ia juga mengatakan, hal seperti ini sudah dirasakan sejak tahun anggaran 2015 lalu. Di samping itu dengan kondisi keuangan negara yang sedang kurang baik, tentunya membuat daerah semakin ekstra hati-hati dalam menggunakan anggaran APBD.

"Pencairan yang sedikit terlambat karena lambatnya dana yang turun dari pusat masuk ke kas daerah. Tapi bagi kita di daerah, tidak ada masalah soal pencairan dana. Yang penting bagi SKPD yang mengajukan pencairan harus didukung dengan angka yang dikantongi SKPD itu sendiri," katanya lagi.

Hamzah belum bisa memastikan besaran anggaran APBD 2016 Pemkab Siak yang masih tersisa saat ini. Katanya, hal tersebut tidak bisa hanya diterka-terka.

"Kan tidak bisa juga kita membuat asumsi umpamanya tinggal sekian. Kami akan tetap tunggu angka pastinya karena rasionalisasi anggaran masih terus berlangsung," sambungnya.

Oleh : Nella Marni