Mencari Kerja Ke Malaysia, Puluhan Imigran Bangladesh Akan Dipulangkan

id mencari kerja, ke malaysia, puluhan imigran, bangladesh akan dipulangkan

Mencari Kerja Ke Malaysia, Puluhan Imigran Bangladesh Akan Dipulangkan

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kantor imigrasi Dumai akan memulangkan 61 warga Bangladesh yang diamankan petugasnya pada Jumat (19/8) di Jalan Garuda, Kecamatan Bukit Kapur, yang diketahui mereka bukan mencari suaka, tetapi ingin ke Malaysia.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Hukum Imigrasi Dumai Kuswinarno mengatakan, rencana pemulangan atau deportasi warga imigran yang diamankan di satu rumah penampungan tersebut masih dijadwalkannya.

"Jadwalnya masih dikoordinasikan dan belum dapat dipastikan kapan waktunya dan teknis pemulangan," kata Kus kepada wartawan, Minggu.

Hasil pemeriksaan terhadap warga Bangladesh ini diketahui mereka keluar dari negara asal bukan untuk mencari suaka, melainkan ingin masuk ke Malaysia mencari pekerjaan dan transit melalui perairan Dumai.

Imigran yang ditangkap tim pengawasan orang asing Imigrasi Dumai ini, lanjut Kus, sejak diamankan petugas ditempatkan di empat kamar ruangan detensi Kantor Imigrasi Dumai di Jalan Yos Sudarso untuk kepentingan pemeriksaan.

"Motif kedatangan mereka ke Indonesia untuk mencari kerja di Malaysia dan keluar dari Bangladesh bukan untuk mencari suaka," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, saat operasi penangkapan puluhan warga Bangladesh ini sempat mendapat perlawanan karena mobil tim Imigrasi ditabrak oleh imigran tersebut dan beberapa berhasil kabur.

"Mobil kita ditabrak warga Bangladesh ini saat diamankan petugas dan beberapa orang berhasil kabur, sedangkan 61 orang diamankan," kata Kepala Kantor Imigrasi Dumai Zulkifli.

Kehadiran warga asing itu diketahui pihak imigrasi berkat informasi dari masyarakat, kemudian pihaknya melanjutkannya dengan menurunkan petugas ke lokasi tersebut, dan terdapat sejumlah imigran ini tidak memiliki dokumen.