Pemkab Rohil Akan Segera Rampungkan RPJMD 2016-2021

id pemkab rohil, akan segera, rampungkan rpjmd 2016-2021

Pemkab Rohil Akan Segera Rampungkan RPJMD 2016-2021

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau saat ini sedang mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Rohil terpilih tahun 2016-2021.

"Saat ini kami sedang menyiapkan RPJMD tersebut, karena sesuai dengan ketentuan bahwa pasangan Bupati dan Wakil Bupati Rohil terpilih paling lama enam bulan setelah dilantik harus menyampaikan RPJMD untuk dijadikan peraturan daerah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rohil, M Job Kurniawan di Bagansiapiapi, Senin.

Menurut dia RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama lima tahun yang berisi penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional.

RPJMD juga menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi, misi dan agenda kepala daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam lima tahun ke depan.

"Kami akan susun mengacu pada Undang-undang 25/2004, penyusunan RPJMD serta program visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati," jelasnya.

Isi RPJMD mencakup mulai dari penjabaran, visi dan misi berupa tujuan, strategi, maupun kebijakan umum yang terkait program prioritas dan program unggulan disesuaikan dengan kemampuan pendanaan dan pembangunan yang tepat sasaran.

Setelah disusun nantinya juga akan dilakukan Uji Publik dan akan dipusatkan di tiga kecamatan di Rokan Hilir diantaranya Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah dan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih.

"Rencana kami minggu pertama ini sudah selesai dan langsung dilakukan Uji Publik. Kemudian pada minggu ketiga akan dilakukan Musrenbang RPJMD dan dilanjutkan verifikasi provinsi. Paling lama minggu kedua Oktober 2016 sudah dibahas di DPRD," kata mantan Pelaksana tugas Sekda Rohil ini.

Sesuai visi dan misi Bupati Rohil Suyatno dan Wakil Bupati Jamiluddin, bahwa terwujudnya Rokan Hilir sebagai kawasan industri guna menuju masyarakat madani, mandiri yang sejahtera. Hal inilah yang akan disusun dalam RPJMD yang juga melaksanakan misi yang telah disusun untuk mencapai visi tersebut.

"Untuk kawasan industri yang dimaksud bukanlah industri yang besar karena menyesuaikan dengan kemampuan daerah juga. Dalam visi ini menekankan akan menggalakkan Home Industri ditengah-tengah masyarakat dengan melibatkan SKPD terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah," katanya lagi.

Menurut dia program ini juga akan digenjot dalam menampung tenaga kerja untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rokan Hilir. Selain itu pemerintah daerah juga akan tetap memprioritaskan program unggulan dibidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

"Sektor pertanian juga agar gabah-gabah yang dihasilkan para petani bisa diolah di Rohil dengan berbagai upaya untuk melengkapi Resmiling serta usaha pengemas beras," tuturnya.

Pemkab Rohil terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada untuk mensejahterakan masyarakat dari berbagai sektor potensi yang ada didaerah itu.

"Pemerintah sukses kalau masyarakatnya sejahtera. Inilah sedang kami lakukan secara bertahap dengan program yang memang mengedepankan kepentingan masyarakat banyak," demikian Job Kurniawan. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi