Balai Pelatihan Mendorong Desa membangun Indonesia

id balai pelatihan, mendorong desa, membangun indonesia

Balai Pelatihan Mendorong Desa membangun Indonesia

Tambang, (Antarariau.com) - Sekjen KemenDes, PDT dan Transmigrasi RI Anwar Sanusi, Phd Mengatakan Kementerian Desa saat ini mengemban tugas yang cukup berat yakni mengawal Dana desa di seluruh Indonesia, kemudian Transmigrasi, dan yang ketiga pembangunan Desa-desa tertinggal.

Demikian dikatakannya saat meresmikan Balai Pelatihan Masyarakat Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang di hadiri oleh . Bupati Kampar H Jefry Noer, Kepala Balai Pelatihan se-Sumater, Camat serta Kades serta pejabat Provinsi Riau.

"Pembangunan inilah akan menjawab semua nya dan kerjasama antara Pemerintah pusat dan daerah Sehingga dapat kita wujudkan mendorong desa membangun Indonesia " lanjutnya.

Seterusnya Pelatihan PAUD, masalah pendidikan merupakan masalah yang pokok terutama pendidikan yang berawal dari pendidikan pada usia anak-anak.Ujarnya

Maka dari itu melalui pendidikan para guru PAUD dilatih untuk mendidik anak - anak kita hasilnya dapat sesuai dengan haraPanggil bersama.

Untuk itu Beliau juga berharap agar nantinya dapat bersinergi baik itu pusat, provinsi dan kabupaten dalam pembinaan desa agar dapat maju dan berkembang.

Anwar Sanusi juga menyinggung tentang program Kabupaten Kampar yakni Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) yang mampu menghasilkan Rp. 20 hingga Rp 25 juta perbulan yang ditujukan untuk pengenalan kemiskinan.

"Saya akan melihat langsung setelah acara ini, jika memang benar akan kita usulkan menjadi Percontohan bagi desa-desa di seluruh Indonesia bahkan nantinya mereka akan belajar di Kampar" kata Sekjen Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI ini.

Gubernur Riau Arsyad Djuliandri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena dipilihnya Riau sebagai tempat pelatihan yang satu-satunya di Indonesia, ini juga salah satu Program pembangunan pemerintah provinsi Riau untuk dapat meningkatkan SDM.

Arsyad Djuliandri juga berharap pembangunan ini banyak manfaatnya dalam rangka peningkatan SDM di Provinsi Riau , dan berharap agar perekrutmen orang Riau diikut sertakan agar lebih menambah semangat baru untuk membangun negeri Provinsi Riau.

Laporan Ketua panitia Pelaksana sekaligus Kepala Badan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan dan Informasi DR Ir M. Nurdin M. Pd melaporkan bahwasanya Bangunan kompleks Balai Pelatihan ini belum semuanya bisa dimanfaatkan namun untuk pelaksanaan perkantoran sebahagian bangunan sudah dapat dilaksanakan Kegiatan pelatihan dan ini terus dilakukan pembangunan.

Balai ini juga dapat dipergunakan untuk berbagai pelatihan di berbagai provinsi di Sumatera dan saat ini sedang dilaksanakan pelatihan guru-guru PAUD Se-Provinsi di Sumatera.

Ia juga Mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kelancaran dalam pembangunan Balai ini, baik itu Gubernur Riau dan Jajarannya maupun Bupati Kampar. (Adv)