Polres Dumai Kerahkan Anggota Memburu Tahanan Kejaksaan Yang Kabur

id polres dumai kerahkan anggota memburu tahanan kejaksaan yang kabur

Polres Dumai Kerahkan Anggota Memburu Tahanan Kejaksaan Yang Kabur

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Dumai membantu upaya pencarian tiga tahanan kejaksaan yang berhasil kabur dari ruang sel anak wanita Pengadilan Negeri Dumai pada Senin (29/8).

Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting, kepada pers Selasa mengatakan, perburuan tiga tahanan kasus narkoba ini dilakukan tim kepolisian bersama kejaksaan setempat ke sejumlah tempat yang dicurigai jadi lokasi pelarian.

"Tiga tahanan kabur dari Pengadilan Negeri Dumai masih terus diburu, dan kepolisian ikut membantu pencarian," katanya.

Untuk melakukan pengejaran tahanan kabur, Polres Dumai langsung membentuk tim setelah menerima laporan dari pihak kejaksaan negeri setempat terkait peristiwa tersebut.

Tahanan melarikan diri atas nama Michael Jakson (33), Budi Praja (33) dan Hari kurniawan (21) merupakan warga Dumai dan satu dari Kepulauan Rupat Kabupaten Bengkalis ini kabur dengan membobol plafon ruang sel.

Mereka kabur pada Senin kemarin sekitar pukul 12.45 Wib disaat pegawai dan petugas di Gedung Pengadilan Negeri Dumai istirahat siang, dan menempati sel khusus wanita dan anak yang berisi 20 orang saat itu.

Cara tahanan ini meloloskan diri diduga dengan cara menjebol plafon kamar sel dan naik menuju sisi bagian samping ruangan kemudian melompati pagar setinggi dua meter yang berada di samping Gedung PN Dumai tersebut.

Kasi Pidana Umum Kejari Dumai Andi Wildan Saragih sebelumnya mengaku akan bertanggungjawab atas kaburnya tiga tahanan yang akan disidang tersebut dan saat ini tengah fokus dilakukan pencarian.

Menurut dia, dalam penjagaan atau pengawalan para tahanan yang akan disidang, pihaknya sudah menerapkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) berlaku.

Namun ketika tahanan sudah berada di area pengadilan berarti menjadi tanggungjawab bersama instansi terkait dimulai saat dibawa dari Rumah Tahanan menuju Pengadilan Negeri hingga menunggu persidangan.

"Kaburnya mereka ini memang tanggungjawab kita dan pencarian tahanan ini akan dilakukan bersama," kata Andi Wildan dalam keterangan pers kemarin.