Penuhi Permintaan Hewan Kurban, Siak Sediakan 2.030 Sapi Dan 1.800 Kambing

id penuhi permintaan, hewan kurban, siak sediakan, 2030 sapi, dan 1800 kambing

Penuhi Permintaan Hewan Kurban, Siak Sediakan 2.030 Sapi Dan 1.800 Kambing

Siak, Riau (Antarariau.com)- Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak memastikan daerah setempat memiliki ketersediaan hewan qurban untuk Idul Adha 1437 Hijriah mencukupi meskipun permintaan cendrung mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Susilawati mengatakan, ketersediaan sapi tahun 2016 ada sebanyak 2.030 ekor, dan 1.800 ekor kambing.

"Kita bisa memastikan ketersediaan hewan qurban yang ada saat ini mencukupi untuk permintaan pemotongan qurban Idul Adha 1437 Hijriah. Biasanya permintaan tidak pernah melebihi ketersediaan," kata Susilawati.

Untuk tingkat permintaan pemotongan hewan qurban tahun 2016, Susilawati memprediksi akan mengalami penurunan sebesar lima persen dibandingkan tahun sebelumnya, dikarenakan kondisi ekonomi yang tengah melemah.

"Untuk permintaan pemotongan kita memprediksi akan mengalami penurunan paling bantetnya lima persen. Pada 2015 total permintaan ternak qurban sebanyak 1.917 ekor. Dengan komposisi sapi 1.496 ekor, kambing 291 ekor dan kerbau 130 ekor, yang juga mengalami sedikit penurunan dibandingkan 2014," katanya lagi.

Sementara untuk pengecekan kesehatan fisik hewan qurban tengah dilakukan. Hanya saja katanya belum secara keseluruhan, dikarenakan ternak tersebut masih banyak di tangan-tangan kontributor.

"Untuk pengawasan kesehatan belum semua bisa diawasi. Karena mereka belum meletakkan hewan-hewan qurban itu pada titik pengumpulannya. Namun kami sudah mengawasi ternak qurban pada pedagang-pedagang yang kebiasaannya setiap tahun sebagai penyedia dan penjual hewan qurban," tambahnya.

Sementara itu dia menghimbau kepada masyarakat yang ingin berqurban untuk segera melaporkannya pada panitia qurban untuk dilakukan pengecekan kesehatan, jangan sampai pada waktu yang terlalu mepet.

"Kami menghimbau agar masyarakat melaporkan ternak qurbannya jangan terlalu mepet. Karena kami melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah," paparnya.

Oleh: Nella Marni