Kementerian ESDM Gelar Seminar Migas Di Bengkalis

id kementerian esdm, gelar seminar, migas di bengkalis

Kementerian ESDM Gelar Seminar Migas Di Bengkalis

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menyambut baik dilaksananya seminar peran serta perusahaan minyak dan gas (Migas) dilingkup Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di Hotel Marina Bengkalis, Selasa.

Adapun narasumber seminar tersebut berasal dari Kementerian ESDM Dirjen Minyak dan Gas Bumi, Siwi Pamungkas, Direktur Fasilitas dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Dirjen Bina keuangan Daerah Kemendagri Jakarta, Sofyan. Asosiasi daearh Penghasil Migas, ADPM Jakarta, Wahyu Setiadi.

Sekda Bengkalis, H Arianto yang secara resmi membuka seminar peran serta perusahaan migas mengatakan, pelatihan seminar tersebut merupakan bagian penting dan utama untuk memberi masukan dan gambaran tentang pelaksanaan pekerjaan Eksploitasi maupun Eksplorasi di wilayah pertambangan di Kabupaten Bengkalis, alokasi dana bagi hasil (DBH) sumber dana alam minyak dan gas bumi, serta fasilitas dana pertimbangan daerah melalui DBH, DAU, DAK, serta peran Kontraktor Kontrak kerjasama (KKKS) ikut memperdayaka dan mensejahterakan masyarakat.

“Indonesia hanya memiliki cadangan minyak 0,7 persen dari potensi minyak bumi dunia (9,1 miliar barel), dibanding cadangan dunia 1.195 miliar barel. Jika tidak ditemukan cadangan baru lagi, diperkirakan minyak indonesia hanya bertahan hingga 20 tahun mendatang, karena tingkat produksi minyak dan tingkat konsumsi minyak tidak seimbang lagi,” katanya.

Menurut dia, meskipun kabupaten Bengkalis sebagai salah satu daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia, namun kelangkaan juga tidak dapat dihindari.

“Kabupaten Bengkalis untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur membutuhkan anggaran dan biaya yang tidak sedikit. Penganggaran selama ini sumber terbesarnya adalah dari dana bagi hasil migas. Permasalahan lain yang dihadapi adalah menurunnya penerimaan dana bagi hasil minyak dan gas bumi yang disebabkan oleh berbagai persoalan nasional maupun internasional, hal ini jelas menghambat perkembangan di Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Untuk itu katanya lagi, Pemkab Bengkalis, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, melalui dari Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Jakarta yang selalu membuka ruang mengadakan pertemuan melalui rekonsiliasi dan perhitungan lifting terhadap minyak dan gas bumi untuk peruntukan dana bagi hasil Kabupaten Bengkalis, baik dari sektor hulu maupun hilir.