Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Siak Siapkan 3.830 Ekor Hewan Kurban

id penuhi, kebutuhan masyarakat, siak siapkan, 3830 ekor, hewan kurban

 Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Siak Siapkan 3.830 Ekor Hewan Kurban

Siak, (Antarariau.com) - Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak, Provinsi Riau, telah menyiapkan 3.830 ekor hewan kurban untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 1437 Hijriah, yang terdiri dari 2.030 ekor sapi dan 1.800 ekor kambing .

"Kita bisa memastikan ketersediaan hewan qurban yang ada saat ini mencukupi untuk permintaan pemotongan qurban Idul Adha 1437 Hijriah. Biasanya permintaan tidak pernah melebihi ketersediaan," kata Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Susilawati di Siak, Rabu.

Untuk permintaan pemotongan Susilawati memprediksi 2016 ini akan mengalami penurunan paling bantetnya lima persen dari tahun sebelumnya. Pada 2015 total permintaan ternak qurban sebanyak 1.917 ekor. Dengan komposisi sapi 1.496 ekor, kambing 291 ekor dan kerbau 130 ekor, yang juga mengalami sedikit penurunan dibandingkan 2014. katanya lagi.

"Untuk tahun ini total permintaan hewan qurban belum bisa kita pastikan, karena masih ada waktu beberapa hari lagi. Namun untuk persediaan ternaknya bisa kita pastikan cukup," katanya lagi.

Sementara untuk pengecekan kesehatan fisik hewan qurban tengah dilakukan. Hanya saja katanya belum secara keseluruhan, dikarenakan ternak tersebut masih banyak di tangan-tangan kontributor.

"Untuk pengawasan kesehatan belum semua bisa diawasi. Karena mereka belum meletakkan hewan-hewan qurban itu pada titik pengumpulannya. Namun kami sudah mengawasi ternak qurban pada pedagang-pedagang yang kebiasaannya setiap tahun sebagai penyedia dan penjual hewan qurban," tambahnya.

Sementara itu dia menghimbau kepada masyarakat yang ingin berqurban untuk segera melaporkannya pada panitia qurban untuk dilakukan pengecekan kesehatan, jangan sampai pada waktu yang terlalu mepet.

"Kami menghimbau agar masyarakat melaporkan ternak qurbannya jangan terlalu mepet. Karena kami melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah," paparnya.

Dia sampaikan, pihaknya sudah membentuk tim pengawas kesehatan hewan kurban baik secara fisik maupun pada hari H pemotongan ternak tersebut.

Oleh : Nella Marni