Ingin Makanan Tidak Cepat Basi, Cobalah Tips Berikut

id ingin makanan, tidak cepat, basi cobalah, tips berikut

Ingin Makanan Tidak Cepat Basi, Cobalah Tips Berikut

Jakarta (Antarariau.com)– Saat Anda memiliki makanan atau bahan masakan melimpah tentunya bukan hanya menjadi berkah tapi membuat Anda pusing karena kebingungan, terlebih lagi jika Anda dalam perjalanan jauh. Dibuang sayang tapi kalau mau diawetkan pun bagaimana caranya. Tenang saja lima cara pengawetan makanan alami ini mungkin bisa jadi solusinya.

1. Pendinginan

Cara pendinginan dalam mengawetkan makanan merupakan cara paling umum yang diketahui oleh masyarakat. Cara simpelnya yah tinggal masukkan ke kulkas, tapi bagaimana kalau tidak ada?

Biasanya cara pengawetan makanan dengan pendinginan bisa menggunakan wadah seperti termos atau kotak besar yang diisi es batu dalam jumlah banyak. Cara ini digunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan-ikan hasil tangkapannya.

2. Pengasapan

Teknik pengawetan makanan satu ini dengan menaruh makanan dalam wadah kotak kemudian diasapi dari bawah. Teknik pengasapan sebenarnya tidak membuat makanan awet dalam jangka panjang.

3. Pengeringan

Teknik pengeringan merupakan salah satu cara untuk mengawetkan makanan secara alami. Makanan bisa dijemur atau dikeringkan di bawah sinar matahari dengan tujuan mematikan mikroorganisme dalam makanan sehingga proses pembusukan pun tidak akan terjadi.

4. Pemanisan

Proses pengawetan makanan dengan cara ini adalah memasukkan makanan ke dalam medium yang mengandung gula untuk menurunkan mikroorganisme. Jenis-jenis makanan yang biasanya diawetkan lewat cara ini yaitu susu, agar-agar, jeli, manisan atau asinan yang sering kita jumpai di toko oleh-oleh.

5. Pengasinan

Teknik pengasinan merupakan cara paling sederhana dalam mengawetkan makanan dengan menggunakan garam dapur. Garam merupakan zat yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk makanan sehingga lewat cara ini makanan diharapkan tidak basi. Cara itu biasanya kita temui pada masyarakat pesisir pantai saat membuat ikan asin. Demikian GoHitz.