Delapan Negara Ikuti Festival Silat Internasional Padang

id delapan, negara ikuti, festival silat, internasional padang

 Delapan Negara Ikuti Festival Silat Internasional Padang

Padang, (Antarariau.com) - Sebanyak delapan negara akan ikut serta dalam kejuaraan pencak silat dunia yang bertajuk Festival Silat Internasional di Padang, Sumatera Barat, 17-23 Oktober 2016.

"Kesembilan negara tersebut, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Jepang, Papua Nugini, Amerika Serikat, dan Indonesia dengan enam provinsi yang telah menyatakan kesediaannya," kata Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Padang Zulhardi Latif di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan Festival Silat Internasional itu tidak hanya mempertandingkan tingkat negara saja namun juga kelas di bawahnya, seperti tingkat kota dan kabupaten serta provinsi.

Ia mengatakan pertandingan antarnegara akan dihelat mulai 20 Oktober 2016

Menurut rencana, pertandingan silat tersebut akan dihelat di Gelanggang Serba Guna Universitas Negeri Padang.

"Sejauh ini belum ada pencanangan target apapun, meski diharapkan atlet mampu berprestasi," katanya.

Secara khusus, kata dia, perhelatan Festival Silat Internasional untuk menarik animo masyarakat mencintai olahraga bela diri asli Indonesia tersebut.

Terlebih, katanya, beberapa nagari di Kota Padang cukup memiliki nama dalam perkembangan dunia persilatan.

Dia mengharapkan ajang itu membangkitkan kembali pencak silat di Kota Padang yang mulai tergerus oleh zaman.

"Bagi atlet, kedatangan pesilat dunia seperti dari Vietnam, Thailand dan Amerika Serikat tentu akan menambah pengalaman dan latih tanding yang sepadan," ujarnya.

Khusus bagi Padang, katanya, tentu dapat dijadikan persiapan untuk menghadapi ajang olahraga lainnya, misal Pekan Olahraga Provinsi (Proprov), porwil, dan PON.