Ratusan Kendaraan Operasional INHU Diperiksa Kelengkapannya

id ratusan kendaraan, operasional inhu, diperiksa kelengkapannya

Ratusan Kendaraan Operasional INHU Diperiksa Kelengkapannya

Rengat (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan sejumlah kendaraan dinas yang dipakai oleh pejabat daerah setempat untuk melihat kondisi fisik mobil tersebut.

" Ratusan kendaran berplat merah terparkir didepan perkantoran Bupati," kata Kepala Bagian Humas Sekretaris Daerah Indragiri Hulu Jawalter di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, Bupati Inhu Yopi Arianto melakukan pemeriksaan sebagai tindaklanjut dari instruksi yang disampaikan sebelumnya saat menggelar pertemuan dengan pejabat eselon II serta pejabat eselon III dan IV yang baru dilantik.

Selain kendaraan dinas para pejabat yang dimutasi, pemeriksaan juga dilakukan terhadap mobil operasional dari seluruh SKPD dilingkungan Pemkab Inhu yang dilakukan Bupati Yopi meliputi kondisi fisik kendaraan hingga pajak kendaraan.

" Ini untuk menjaga aset dan kedisiplinan ASN," sebutnya.

Ia juga menyebutkan, kegiatan itu juga bisa dijadikan salah satu tolak ukur tingkat kinerja dan karakter ASN yang menggunakan kendaraan operasional itu selama ini.

" Ini juga harus dilakukan secara rutin," pinta Bupati.

Menurut Bupati, dari hasil pemeriksaan, secara umum perlu ada upaya peningkatan, khususnya tanggungjawab ASN yang menggunakan kendaraan dinas, sehingga lebih terawat dan taat dalam pembayaran pajak.

Selain itu, Bupati mengajak semua pihak untuk bersama - sama melakukan pengawasan terhadap penggunaan kendaraan dinas dilingkungan Pemkab Inhu, sehingga sesuai dengan peruntukkannya.

Terkait dengan opsi untuk melakukan lelang terhadap kendaraan dinas yang sudah tidak produktif dan dinilai hanya membebani APBD untuk biaya perawatan, dengan tegas Bupati menyebutkan hal itu perlu dilakukan.

" Karena itulah kegiatan pemeriksaan dan pendataan," ujarnya.

Selain kendaraan dinas roda empat, Bupati juga memerintahkan Bagian Pengelolaan Aset untuk melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap aset Pemkab Inhu sehingga kedepan lebih baik dan akurat.

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto mengatakan, sangat memberikan apresiasi tinggi atas taatnya ASN menyegrakan pengumpulan kendaraan untuk dilakukan pemeriksaan.

" Ini untuk kebaikan kedepannya," ujar Bupati Yopi.

Menurutnya, kedepan semua kendaraan operasional ASN akan disesuaikan, yang berhak memakai akan diberikan namun yang belum layak akan di tunda sebagai wujud keadilan dan kebutuhan.