Gubri Sebut TP PKK Sebagai Mitra Sinergi Program Pemerintah

id gubri sebut, tp pkk, sebagai mitra, sinergi program pemerintah

Gubri Sebut TP PKK Sebagai Mitra Sinergi Program Pemerintah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan, Tim Penggerak Penjamin Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) telah menjadi mitra yang serasi bagi pemerintah setempat dalam mensinergikan program-program yang ada.

"Jadi PKK merupakan mitra pemerintah. Untuk itu, satuan kerja yang ada di Provinsi Riau dapat bersinergi dengan PKK dalam menjalankan program-programnya," kata Arsyadjuliandi Rachman dalam acara Jambore kader PKK tingkat provinsi di Gedung Dharma Wanita, Kota Pekanbaru, Rabu.

Andi Rachman, begitu pria ini akrab disapa mengatakan, dalam menjalankan roda pemerintahan sangat diperlukan konstribusi perempuan menghimpun aspirasi dalam menggiat sejumlah program yang ada, apalagi TP PKK sebagian besar kadernya didominasi oleh wanita.

"Kader PKK sangat siap apalagi mempunyai kader seluruh wilayah. Kemudian prestasi PKK di tingkat nasional sudah banyak," tutur Andi.

Dalam jambore PKK tingkat Provinsi Riau ini, kata Andi Rachman, selain sebagai ajang berkumpul bersama untuk membangun kekompakan seluruh kader PKK kabupaten dan kota juga membahas program-program sekaligus mencarikan solusi.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Pengerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau, Sisilita Arsyadjuliandi mengatakan kegiatan jambore yang dihelat menjadi ajang persiapan jambore nasional yang digelar pada Oktober mendatang di Jakarta.

Jambore nasional, kata dia, sebagai agenda tahunan sehingga Provinsi Riau akan mengirimkan perwakilannya terbaiknya untuk mengikuti perlombaan tersebut.

"Pada Jambore nantinya diminta setiap perwakilan Riau dapat mengharumkan nama daerah, dan menjunjung tinggi sportifitas dengan mengikuti aturan yanh ada," ujarnya.

Sedangkan mengenai fungsi utama TP PKK sebagai mitra pemerintah, kata dia, pihaknya berupaya maksimalkan dan mensukseskan program pemerintah baik pendidikan, kesehatan, serta berbagai sektor pembangunan lainnya menuju kemandirian dan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

Keterangan dari Ketua TP PKK Kabupaten Indragiri Hilir, Zulaikha Wardan mengaku optimis dengan apa yang telah dicapai timnya, ia berharap kabupaten setempat dapat memperoleh prestasi dan mewakili Riau dalam jambore tingkat nasional.

"Masih ada empat lomba, nanti malam akan ditutup oleh gubernur Riau beserta Ketua TP PKK provinsi. Mudah-mudahan Inhil mendapat prestasi yang memuaskan," sebut Zulaikha.

Meski mengaku bangga atas apa yang telah dicapai kader PKK Inhil, Zulaikha tidak menampik, tampilan dan kegiatan tim PKK kabupaten/kota lainnya sangat bagus. Baginya hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan program yang ada.

"Melihat perkembangan seluruh kabupaten/kota bagus sekali, ini memotivasi kami harus ikuti perkembangan supaya bisa lebih baik kedepan," ucapnya.

Oleh Diana Syafni