Wakil Ketua DPRD Rohil Dukung Pemerintah Dalam Membantu Nelayan Setempat

id wakil ketua, dprd rohil, dukung pemerintah, dalam membantu, nelayan setempat

Wakil Ketua DPRD Rohil Dukung Pemerintah Dalam Membantu Nelayan Setempat

Rokan Hilir (Antarariau.com) - DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mendukung langkah pemerintah setempat untuk memperkuat kemampuan, wawasan lingkungan serta menunjang fasilitas nelayan lokal.

Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi di Bagansiapiapi, Rabu, mengatakan kalangan nelayan harus didukung dengan peningkatan pengetahuan terutama menyangkut perairan serta didukung dengan bantuan peralatan yang memadai untuk kegiatan tangkap ikan.

Disisi lain kata dia, Pemkab Rohil juga harus bisa turun tangan menyikapi permasalahan yang dihadapi nelayan.

"Pemkab harus berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan batas wilayah perairan Rohil dan Malaysia. Karena, kasus ini sering menimbulkan konflik," kata Suyadi.

Ia menyambut baik adanya Sosialisasi Produk Hukum Bidang Perikanan Peraturan Pengawasan di Wilayah Perbatasan Tahun 2016 yang telah digelar. Karena menurutnya kegiatan itu dihadiri langsung oleh kalangan nelayan lokal, begitu juga para pihak terkait lainnya.

"Dengan begitu nelayan mendapat pemahaman tentang cara mengenal batas perairan. Mudah-mudahan kedepan tidak terulang kasus tertangkapnya 19 nelayan Rohil," tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyinggung tentang manfaat adanya bantuan kapal bagi nelayan sehingga nelayan menjadi terbantu untuk beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar terobosan yang dilakukan Pemkab Rohil dengan mengumpulkan langsung nelayan bersama pihak terkait tersebut tidak berhenti hanya pada acara saja, melainkan dapat diwujudkan adanya langkah nyata di lapangan.

"Kebijakan-kebijakan yang ada harus diterapkan untuk mendukung keberadaan nelayan lokal di Rohil," kata Suyadi. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi