Wako Pekanbaru Sampaikan LKPJ-AMJ Dihadapan Anggota DPRD

id wako pekanbaru, sampaikan lkpj-amj, dihadapan anggota dprd

Wako Pekanbaru Sampaikan LKPJ-AMJ Dihadapan Anggota DPRD

Pekanbaru (Antarariau.com) - Wali Kota Pekanbaru Firdaus telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) di hadapan DPRD setempat.

"LKPJ berisi capaian perkembangan Kota Pekanbaru," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Rabu.

Firdaus menjelaskan terwujudnya Kota Pekanbaru yang madani tidak lepas dari peningkatan kualitas pelayanan disegala bidang, mulai dari perekonomian, pendidikan, kesehatan, pembangunan, dan lainnya.

"Pelayanan yang berkualitas disegala bidang untuk mewujudkan Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan Madani saat ini," katanya menerangkan.

Dia juga mengatakan, pencapaian pertumbuhan ekonomi dan investasi yang masuk ke Kota Pekanbaru memiliki tren yang bersifat fluktuaktif mulai dari tahun 2012-2015 yang diakibatkan oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi dan turunya harga minyak dunia.

"Ekonomi Pekanbaru tahun 2012 tumbuh sebesar 6,12 persen, 2013 tumbuh 5,7 persen, 2014 sebesar 6,7 persen, dan 2015 sebesar 5,7 persen," terangnya lagi.

Masih sebut Firdaus sedangkan untuk investasi di Pekanbaru justru terus alami pertambahan, misalkan tahun 2012 tumbuh sebesar Rp4,76 miliar lebih, tahun 2013 sebesar Rp1,32 triliun, 2014 sebesar Rp6,5 triliun lebih, 2015 sebesar Rp4,6 triliun.

"Sementara tahun 2016 ini walau ekonomi krisis dengan dikeluarkannya Perwako tentang IMB sementara diharapkam investasi yang masuk semakin meningkat," tegasnya.

Firdaus juga memaparkan keberhasilan didunia pendidikan tidak kalah baik dari tahun 2012-2016.

Dibuktikan telah dilakukannya pembangunan baru dan merepitalisasi gedung sekolah, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK yang ada di Kota Pekanbaru.

"Untuk pembangunan gedung baru mulai dari PAUD ada dua unit, SD tujuh unit, SMP delapan unit, SMA dua unit, dan SMK dua unit.

Sedangkan repitalisasi gedung sekolah SD dan TK ada 21 unit, SMP 11 unit, SMA dua unit, dan SMK satu unit," katanya menambahkan.

Firdaus melanjutkan, progam yang mengalami peningkatan mulai dari pelayanan kesehatan, perbaikan infrastruktur jalan, pembangunan rumah layak huni, perbaikan rumah, wajib mengaji, dan lainnya.

"Pelayanan kesehatan yang bermutu dengan lengkapnya semua fasilitas, membangun puskesmas baru, membangun rumah sakit rujukan daerah dengan tipe C, dan puskesmas rawat inap Sidomulyo dijadikan rumah sakit tipe C. Melakukan semenisasi dan pengaspalan jalan, membagun rumah layak huni, serta memperbaiki rumah sebanyak 1.000 unit serta program unggulan lainnya," tambahnya.

Penyampaian LKPJ-AMJ di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru ini dilakukan pada Sidang Paripurna ke-3 masa sidang III (ketiga) tahun 2016 tentang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) Kepala Daerah Kota Pekanbaru tahun 2012-2017.

Sidang Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril didampingi oleh Wakil Sigit Yuwono.