Paslon AZ-CSS Resmi Daftar ke KPU

id paslon az-css, resmi daftar, ke kpu

Paslon AZ-CSS Resmi Daftar ke KPU

Bangkinang Kota, (Antarariau.com) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, Rabu waktu maghrib tiba.

Paslon ini diantar oleh ribuan pendukung dan simpatisan bersama petinggi enam parpol pendukungnya dikawal aparat keamanan personil Polres Kampar dan Satpol PP.

Azis-CSS menyampaikan berkas dukungan diterima Ketua KPU Kampar, Yatarullah didampingi anggota komisionernya disaksikan Panwas Kampar, Panwas Provinsi Riau, seluruh petinggi parpol, hadir juga Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi P dan juga keluarga besar kedua pasangan calon.

Yatarullah menyampaikan, bahwa berdasarkan peraturan PKPU No 9 bahwa ketentuan pendaftaran dilakukan pada senin-kamis, ditetapkan tanggal 21-23 September hingga pukul 16.00 WIB, kecuali Jumat hingga pukul 24.00 WIB hari terakhir.

"Hari ini ada tiga Paslon yang mendaftar, satu pasangan dari jalur independen, Alfisyahri-Wibowo, kedua dari jalur parpol, Zulher-Dasril dan terakhir Azis-CSS, menyusul pasangan jalur perseorangan, Kamis besok Jawahir-Bardansyah dan M Amin, S.Ag bersama M Saleh dari jalur parpol terakhir pada Jumat satu pasangan jalur independen Ardo-Khairuddin," jelas Yatarullah.

Usai menjelaskan itu, pada sidang pendaftaran paslon, diserahkan kepada Anggota Komisioner, Ketua Bidang Teknis dan Humas, Sardalis untuk mengecek bahan pendaftaran dari AZ-CSS.

Persyaratan yang ditentukan dalam aturan, KPU mengecek satu persatu dukungan dari parpol pendukung, dari Nasdem, dihadiri langsung Ketua, Syamsul Moekhkamar dan Sekretarisnya, PPP dihadiri Yurmailis Saruji dan sekretarisnya, Hendrayani, Gerindra dihadiri Ketuanya, Feri Ardiyanto bersama sekretaris, Edison, PKB, Suharmi Hasan dan Afifuddin, PKS dihadiri Kamaruddin dan Sekretaris, Beni Hariyandi, Partai Golkar, dihadiri Ahmad Fikri, namun tanpa dihadiri Sekretarisnya, Eka Sumahamid.

Suasana sidang dalam aula Kantor KPU itu, sempat molor hingga waktu maghrib tiba karena dihebohkan atas ketidakhadiran Eka Sumahamid tanpa keterangan, KPU menanti bukti keterangan atas ketidakhadirannya di KPU, hanya saja dalam PKPU tidak diwajibkan kehadiran fisik pendukung parpol.

Terlihat Ahmad Fikri dan anggota Golkar lainnya, sedikit sibuk untuk memberikan penjelasan dan melengkapi bahan dukungan dari Golkar, namun akhirnya, Fikri menyampaikan persoalan itu kepada Ketua Pemenangan Pilkada Kampar, H Masnur SH.

Tidak lama kemudian, Masnur hadir di KPU dengan membawa Surat Keterangan dari DPP Partai Golkar untuk syahnya kelengkapan syarat dukungan itu. Yatarullah langsung berkoordinasi dengan KPU RI, akhirnya persoalan menjadi terang, KPU Kampar menerima syarat dukungan Golkar itu.

Paslon ini, memiliki dukungan parpol atau kekuatan di parlemen separohnya, jumlah kursi, sementara ini kata Sardalis melanjutkan acara itu menyampaikan bahwa ada 23 kursi pendukung AZ-CSS, dari Gerindra 5 kuri, PKS berjumlah 2 kursi, PKB 1 kursi, PPP 3 kursi, Nasdem 3 kursi dan Partai Golkar 9 kursi.

Sebelumnya, Balonbup, Azis diberi waktu 5 sampai 10 menit menyampaikan sekapur sirih, Azis mengucapkan maaf telah menyita waktu KPU dalam penyambutan kedatangnya bersama wakilnya serta rombongan.

Dia berharap pemilu dapat berjalan dengan demokratis dan sukses, Kampar jadi daerah bermarwah bermartabat serta mendapat ridho dari Allah, pelaksanaan pemilu dapat berlangsung aman, sukses, jujur dan adil.

Dukungan Golkar Syah

Selepas KPU menerima dukungan Golkar, Masnur dan Ahmad Fikri menjelaskan bahwa dukungan Golkar sudah syah, tidak ada persoalan lagi, KPU sudah menerima.

Soal ketidakhadiran Eka Suma Hamid, Masnur dan Fikri menjelaskan bahwa saat ini Golkar tetap memakai Eka Sumahamid sebagai sekretaris Golkar, yang jelas syarat dukungan yang diteken Ketum Golkar, sudah diterima KPU, jadi tidak ada persoalan lagi, terang mereka. (Adv)