Puncak Musim Hujan Riau Diperkirakan Terjadi Pada Oktober Dan November

id puncak musim, hujan riau, diperkirakan terjadi, pada oktober, dan november

Puncak Musim Hujan Riau Diperkirakan Terjadi Pada Oktober Dan November

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, Provinsi Riau sudah berada di musim hujan periode kedua tahun ini akibat tipe cuaca di equatorial.

"Kini, Riau berada di awal musim hujan. Puncak kita perkirakan terjadi setelah bulan ini atau pada Oktober dan November 2016," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Kamis.

Saat ini, katanya, posisi matahari tepat berada di atas equator atau garis khatulistiwa. Seperti diketahui, Riau merupakan satu dari delapan provinsi di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

Ia menjelaskan, kondisi itu membuat provinsi tersebut memiliki dua puncak hujan dan puncak kemarau dalam dua periode yakni musim hujan dan kemarau di negara wilayah Asia Tenggara.

Pada umumnya cuaca pada musim ini di wilayah Riau berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Untuk hari ini, kami perkirakan hujan akan terjadi di wilayah Riau bagian Barat, Selatan dan pesisir Timur terutama pada sore atau malam hari," terang dia.

Slamet berujar, kecepatan angin pada beberapa daerah di provinsi tersebut baik kondisi normal, ketika hendak turun hujan atau selama hujan terjadi, memiliki kecepatan cuma 20 knots atau 36 kilometer per jam.

"Angin bergerak cenderung normal mencapai 15 knots atau 28 kilometer per jam dan paling tinggi 20 knots. Itu, belum bisa dikatakan angin puting beliung karena puting beliung miliki kecepatan 40 knots," katanya.

Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Sugarin beberapa bulan lalu mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk mengantisipasi apa yang akan dilakukan dalam pencegahan bencana di musim hujan kembali.

"Ke depan, kita terus lakukan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD dalam antisipasi apabila masuk musim kemarau mau pun kembali memasuki musim penghujan," terangnya.