Chevron Berikan Perhatian Dalam Program Bank Sampah Di Bengkalis

id chevron berikan, perhatian dalam, program bank, sampah di bengkalis

Chevron Berikan Perhatian Dalam Program Bank Sampah Di Bengkalis

Bengkalis (Antarariau.com) - PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) membuka jalur komunikasi untuk pertemuan antara kelompok masyarakat pendaur ulang sampah dengan pemangku kepentingan setempat dalam upaya meningkatkan kualitas program bank sampah di Kelurahan Pematang Pudu, Mandau, Bengkalis, Provinsi Riau.

"Kami mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi saran konstruktif dalam diskusi bersama ini," kata Manager Komunikasi CPI Prasasti Asandhimitra di Mandau, Kamis.

Prasasti berharap partisipatif masyarakat terus berlanjut untuk menyukseskan tujuan program ini, yaitu mewujudkan lingkungan sehat dan mandiri.

Menurut dia program CPI yang bergulir sejak tahun 2015 ini terus melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dengan konsep menjaga kebersihan lingkungan. Diantaranya kegiatan sosialisasi dan jalan santai sembari memungut sampah di jalan.

"Program bank sampah merupakan salah satu investasi sosial Chevron di bidang lingkungan sekaligus pemberdayaan ekonomi. Program ini bertujuan menciptakan lingkungan sehat dan bersih sekaligus menambah pendapatan masyarakat," terang dia.

Melalui hasil penjualan limbah rumah tangga lanjut dia, yang dijual kepada bank sampah bisa membantu menambah keuangan kaum ibu dan meringankan beban keluarga.

"Saat ini dalam program bank sampah binaan CPI ada sekitar 105 nasabah yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, pelajar maupun karyawan," tegasnya.

Ia menambahkan diskusi yang difasilitasi kali ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan dukungan masyarakat guna pengembangan program bank sampah.

Beberapa masukan yang diberikan antara lain perlunya menyempurnakan rencana usaha, membuat target bulanan sampah yang akan dikelola atau dijual, memilah jenis sampah tertentu untuk menaikkan nilai jual, memperkuat jaringan pemasaran serta membuka jalur ke pemasok lain.

Ditempat yang sama Abdul Azis, yang hadir mewakili Lurah Pematang Pudu, menyambut positif dan mendukung program ini.

"Kami berharap program bank sampah semakin berkembang. Tidak hanya ada di tiga rukun warga (RW) yaitu RW 2, 15 dan 16, tetapi juga ke seluruh 17 RW di Kelurahan Pematang Pudu," harapnya.

Dia pun menyatakan pihak kelurahan siap menjadi mediator ke masyarakat untuk kegiatan sosialisasi tentang nilai ekonomis dari pengelolaan sampah.

Dalam diskusi ini hadir perwakilan masyarakat, para nasabah bank sampah, perwakilan Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI), Kelompok Pematang Pudu Bersih, serta para mitra kerja Chevron di antaranya Yayasan Sahabat Cipta dan Yayasan Kumala.