Riau Bercokol Di Posisi Delapan PON 2016

id riau bercokol, di posisi, delapan pon 2016

Riau Bercokol Di Posisi Delapan PON 2016

Pekanbaru (Antarariau.com) - Berdasarkan perolehan medali sementara, Riau berada pada peringkat delapan dalam Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Jawa Barat dengan raihan enam medali emas, 15 perak serta sembilan perunggu.

"Sekarang pertarungan meraih medali semakin sengit dan persaingan semakin meningkat," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Riau Emrizal Pakis dalam sambungan telepon seluler di Pekanbaru, Kamis.

Ia menuturkan, berdasarkan peringkat sementara perolehan medali, semula Riau berada dalam posisi ke empat namun turun peringkat pada posisi delapan, hal tersebut disebabkan pertandingan berlangsung cukup sengit diantara atlet berbagai provinsi.

"Bisa saja kemarin kita berada di posisi ke empat karena belum banyak cabang olahraga yang diperlombakan, namun sekarang persaingan semakin ketat," kata Emrizal pula.

Meskipun begitu, Emrizal optimistis Riau tidak akan keluar dari target 10 besar, karena hingga kini atlet-atlet dari Bumi Lancang Kuning itu sedang berusaha optimal dalam kompetisi tersebut.

"Target awal 10 besar, ini tergantung dari kekuatan kita," sebutnya.

Emrizal mengatakan, meski perolehan medali emas masih tertahan pada jumlah enam, tetapi medali perak dan perunggu terus meningkat. "Medali sudah semakin banyak. Jadi sampai hari ini kita masih tertahan untuk meraih medali emas," katanya pula.

Sebelumnya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menaruh harapan besar kepada atlet setempat untuk mengharumkan nama Bumi Melayu itu dengan perolehan prestasi pada perhelatan PON.

"Harapan kita, minimum sama dengan PON 2012 lalu. KONI targetkan ada di 10 besar, semoga ini target yang terendah," kata Arsyadjuliandi Rachman.

Pria yang akrap disapa Andi Rachman ini tampaknya optimis dengan potensi atlet asal Riau.

Kepada para atlet dari Riau, Andi Rachman menyampaikan pesan untuk mengedepankan sportifitas dan profesionalitas dalam kompetisi.

Berdasarkan informasi sekitar 506 kontingen Riau terdiri dari atlet, pelatih, manajer dan ofisial. Sebagian besar atlet murni berasal dari binaan provinsi setempat.

Oleh: Diana Syafni