Triwulan II-2016, Ekonomi Riau Meningkat

id triwulan ii-2016, ekonomi riau meningkat

Triwulan II-2016, Ekonomi Riau Meningkat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau mencatat pertumbuhan ekonomi provinsi ini triwulan II-2016 meningkat dibandingkan triwulan I-2016.

"Peningkatan pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan I-2016 antara lain dipengaruhi dari sisi penggunaan," kata Pemimpin Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Ismet Inono, dalam laporannya, Kamis.

Menurut Ismet, dari sisi penggunaan tersebut yang memicu naiknya pertumbuhan ekonomi Riau karena didorong oleh peningkatan konsumsi pemerintah, investasi dan perbaikan ekspor.

Sedangkan dari sisi sektoral, katanya, peningkatan pertumbuhan ekonomi Riau bersumber dari peningkatan kinerja sektor pertanian, konstruksi dan sektor perdagangan.

"Optimisme bakal terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan ketiga 2016 diperkirakan akan terus berlanjut,"katanya.

Ia mengatakan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Riau itu antara lain juga dipengaruhi oleh stimulus fiskal dan kebijakan moneter secara nasional yang longgar mulai memberi daya dorong terhadap konsumsi pemerintah dan konsumsi swasta.

Ismet mengatakan, kendati ditinjau dari "outlook" ekonomi global yang masih belum menguat dan masih sesuai dengan perkiraan semula, tidak memberi pengaruh menurun pertumbuhan ekonomi Riau.

Sementara itu, outlook untuk tahun 2017 direvisi ke bawah akibat dampak negatif dari brexit tapi ekonomi AS pada triwulan dua tahun 2016 tumbuh di bawah perkiraan, dan ekonomi Eropa diperkirakan tumbuh moderat dibayangi ketidakpastian pasca-brexit sementara itu ekonomi Tiongkok masih tumbuh terbatas," katanya.