7 Dari 100 Tenaga Honorer K2 Riau Terkendala Verifikasi Dokumen

id 7 dari, 100 tenaga, honorer k2, riau terkendala, verifikasi dokumen

7 Dari 100 Tenaga Honorer K2 Riau Terkendala Verifikasi Dokumen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau menyatakan tujuh dari 100 tenaga honorer kategori dua (K2) terkendala verifikasi dokumen yang menjadi persyaratan dalam pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah setempat.

"93 dari 100 honorer K2 tersebut sudah lulus verifikasi dan audit, mereka sudah lengkap dokumennya, hanya saja tujuh masih terkendala," kata Kepala BKP2D Riau Asrizal di Pekanbaru, Kamis.

Kepada 93 tenaga honorer yang lolos verifikasi ini, lanjut Asrizal, akan dibuatkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang kemudian diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Asrizal mengatakan, selain mengirimkan SPTJM ke BKN, Pemprov Riau juga berkonsultasi mengenai dasar pelimpahan tanggung jawab kepada kepala daerah yang sedang menjabat atas honorer yang masuk sebelum masa jabatannya, namun belum mendapat jawaban dari pihak BKN hingga saat ini.

Sedangkan terhadap tujuh orang yang dinyatakan masih terkendala akan dilakukan pengecekan kembali validasi dokumen dan data mereka. Tidak lolosnya ketujuh orang ini, bermula dari informasi masyarakat yang meragukan keabsahan sebagai tenaga honorer.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Ombudsman RI berkunjung ke Pemprov Riau untuk melakukan mediasi terkait laporan 100 tenaga honorer K2 ini karena belum ditekennya SPTJM oleh pejabat pembina kepegawaian yakni Gubernur Riau. Akhirnya kesabaran 93 dari 100 tenaga honorer tersebut berbuah hasil dengan dinyatakan lolos verifikasi.

Oleh: Diana Syafni