Rencana Pembangunan Jembatan Gantung Pulau Tilan Dapatkan Dukungan Legislator Riau

id rencana pembangunan, jembatan gantung, pulau tilan, dapatkan dukungan, legislator riau

Rencana Pembangunan Jembatan Gantung Pulau Tilan Dapatkan Dukungan Legislator Riau

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Anggota Komisi C DPRD Provinsi Riau Siswaja Muljadi mendukung keinginan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengembangkan objek wisata Pulau Tilan dengan membangun jembatan gantung.

"Pulau Tilan di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih perlu ditata dengan baik. Kalau sudah dibangun jembatan gantung nanti masyarakat mudah menyeberang ke pulau itu," kata Siswaja Muljadi di Bagansiapiapi, Sabtu.

Menurut dia, usulan pembangunan jembatan gantung sudah lama direncanakan, termasuk pembangunan sejumlah sarana dan prasarana lainnya.

"Kemarin Detail Engineering Design (DED) sudah ada dan kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau supaya pembangunan jembatan gantung segera dilaksanakan. Karena apabila sudah dikelola dengan baik selain ramai dikunjungi warga juga akan membantu dalam penilaian desa. Kami akan berupaya memperjuangkan," katanya.

Pulau Tilan selain bentuknya unik dan asri, namun juga merupakan salah satu objek wisata yang memukau masyarakat Rohil, hanya saja saat ini belum dipoles dengan maksimal.

Keunikan di Pulau Tilan memiliki air yang tenang dan tidak pernah surut serta terjaga keasriannya. Bahkan saat ini terdapat sekitar lima buah Gazebo (tempat istirahat) yang dibangun pemerintah setempat.

Selain itu, hamparan rumput yang menghijau di Pulau Tilan itu juga ada ratusan ekor sapi yang dijadikan tempat beternak oleh kelompok tani setempat.

Penghulu Rantau Bais, Aljufrizal mengharapkan kepada Pemkab Rohil maupun Pemprov Riau untuk segera membangun jembatan gantung, karena menurutnya bukti nyata kesadaran masyarakat terhadap objek wisata Pulau Tilan cukup tinggi.

"Buktinya hutan yang ada diseberang Pulau Tilan sampai saat ini tetap dilestarikan, ditambah lagi giatnya kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui pengumuman maupun di masjid mereka sudah malu kalau mengambil kayu di pulau itu," kata Aljufrizal.

Ia kembali mengingatkan agar pembangunan jembatan gantung diprioritaskan sehingga nantinya setiap orang yang datang ke Pulau Tilan mudah menyeberang. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi