Satu Orang Jemaah Haji Rohul Meninggal Di Tanah Suci

id satu orang, jemaah haji, rohul meninggal, di tanah suci

Satu Orang Jemaah Haji Rohul Meninggal Di Tanah Suci

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau menyatakan satu orang jamaah haji daerah setempat bernama Nuragas Wati Binti Nambin (57) wafat di Tanah Suci.

"Nuragas Wati Binti Nambin asal Kecamatan Ujungbatu, Rohul meninggal pada hari Kamis (23/9) malam sekitar pukul 21.00 WAS atau Jumat (24/9) jam 01.00 WIB," ujar Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Sabtu.

Dia merinci, jamaah haji berjenis kelamin wanita itu menghembuskan nafas terakhir pada pemondokan atau sebuah hotel berada di Makkah, Arab Saudi dengan kamar nomor 302 ketika hendak istirahat.

Almarhumah Nuragas telah selesai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji baik wajib maupun sunnah, termasuk rangkaian terakhir yakni melaksanakan thawaf wada.

Seperti diketahui, thawaf wada merupakan thawaf perpisahan dan dilakukan oleh setiap jamaah haji ketika akan pulang ke Tanah Air.

Setelah melakukan thawaf tersebut, maka seorang jamaah haji tidak lagi ke baitullah karena harus melakukan persiapan pulang ke Indonesia.

"Dari laporan Ketua Kloter Sudarmanto informasikan, bahwa almarhumah dalam keadaan sehat dan tidak sedang dirawat. Bahkan beliau sudah selesai menyusun dan mengepak kopor. Tapi tiba-tiba beliau pusing dan langsung meninggal," katanya.

Ahmad mengatakan, pihak muassasah dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia di Arab Saudi telah melaksanakan fardu kifayah dan memakamkan di pekuburan Mala atau Syaroya di Makkah.

Secara otomatis, jamaah haji Rohul tinggal 234 orang lagi bersama 204 jamaah haji dari Kota Dumai tergabung dalam Kloter 7 Debarkasi Batam dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu (24/9) pukul 12.30 WIB.

"Kita secara khusus telah tugaskan Kepala KUA Ujungbatu Syafaruddin Pulungan untuk menyampaikan kabar duka ini kepada anggota keluarga. Semoga mereka bisa terima dan tetap bersabar," ucapnya.

Dengan wafatnya seorang jamaah haji asal Rohul tersebut, maka hingga kini total jamaah haji dari Provinsi Riau meninggal dunia berjumlah delapan orang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad Azis sebelumnya mengatakan, mayoritas jamaah meninggal tersebut ketika berada di Tanah Suci di Arab Saudi.

"Sampai saat ini total ada enam orang jamaah meninggal dari total 4.033 orang berangkat ketika berada di Madinah atau Mekkah, dan seorang jamaah di Embarkasi Batam atau hendak bertolak ke Tanah Suci," ucapnya.

Data Kemenag Riau menyebut, tahun ini memberangkatkan 4.033 jamaah calon haji dalam 10 kloter terdiri 3.960 orang jamaah dari 12 kabupaten/kota, lalu 45 orang petugas kloter dan 28 orang tim petugas haji.