Pemko Pekanbaru Sediakan Posko Penerima Keluhan Pasca Relokasi PKL Teratai

id pemko pekanbaru, sediakan posko, penerima keluhan, pasca relokasi, pkl teratai

Pemko Pekanbaru Sediakan Posko Penerima Keluhan Pasca Relokasi PKL Teratai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membuka posko terpadu di eks Pasar Teratai pascapenertiban dan relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) sepekan lalu.

"Posko terpadu ini untuk menerima berbagai keluhan dan pengaduan PKL pascadirelokasi," kata Ketua Tim Yustisi Penertiban Pasar Teratai Azwan di Pekanbaru, Senin.

Azwan yang juga menjabat sebagai Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru ini menjelaskan pascapenertiban PKL Pasar Teratai, kondisi dua gedung lokasi baru mulai terisi dan terjadi aktifitas, namun maksimal. Artinya masih ada yang kucing-kucingan berdagang di jalan dengan petugas.

Mereka ini akan terus ditertipkan dan diarahkan berjualan ke dalam pasar.

"Untuk itu perlu ada posko gabungan yang nantinya akan berguna melayani keluhan para PKL," terang Azwan.

Selain juga terus berguna mengawal penertiban PKL jika ada upaya negatif dari segelintir oknum yang memperkeruh keadaan. Posko gabungan nantinya juga akan melayani pengaturan lalulintas, parkir dan sampah.

"Teratai sudah bersih, 70 persen PKL sudah masuk ke dalam pasar, sejauh ini tidak ada lagi kanopi yang menjorok ke pedestrian," rincinya.

Namun sambung Azwan untuk menjaga kelangsungan ketertiban pasar, perlu ada pengawasan berkelanjutan. Termasuk sosialisasi petugas untuk melarang PKL berjualan di pedestrian, emperan bahkan badan jalan.

Diakuinya sepekan pascapenertiban, masih ada pedagang yang mencuri untu berdagang di emperan toko, hal itu harus tetap disosialisasikan, makanya ada petugas patroli.

"Kami akan perpanjang patroli dan pengawalan hingga sepekan kedepan untuk pengawasan, jam tidak ditentukan pagi, siang, sore," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan Pemko Pekanbaru telah merelokasi Pasar di sepanjang Jalan Teratai, Seroja, dan Alimuddinsyah Senin (19/9/2016) dinihari tadi.

Di Pasar Teratai ini jumlah PKL sudah menjamur puluhan tahun hingga mematikan fasilitas umum di tiga ruas jalan tersebut bahkan terminal utamanya.

Melalui tim yustisi sekitar 500- an PKL direlokasi ke dua Pasar Higienis dan PMJ.

Guna memfungsikan kembali terminal angkut yang ada dan ruas jalan serta pedestrian bagi pejalan kaki. Selain juga untuk menertipkan PKL agar berjualan pada tempatnya.

Sekedar informasi, Pemkot Pekanbaru pada tahun anggaran 2015 sudah membangun dan merevitalisasi pedestrian di sekitar tiga ruas jalan tersebut termasuk drenasenya di perbesar dan dipasangi lampu taman gunanya untuk menciptakan kawasan kota lama yang artistik serta nyaman bagi pejalan kaki.

"Kedepan kawasan ini akan jadi wisata kuliner malam hari, ada kereta berlampu yang menjadi paket perjalan kota tua satu paket berputar hingga ke A Yani dan Agus Salin. Seperti Mallioboro Pekanbaru," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Ia menambahkan pasar malam yang berada di halaman Puskopau Jalan Pepaya akan direlokasi ke wilayah tersebut.

"PKL, wisata kereta, kuliner malam yang berjualan di Pepaya bisa lebih luas membuka paket dan lapak diwilayah baru ini," tambahnya.