Bulan Menanam Nasional 2016, Wako Dumai Tanam 5.000 Pohon

id bulan menanam, nasional 2016, wako dumai, tanam 5000 pohon

Bulan Menanam Nasional 2016, Wako Dumai Tanam 5.000 Pohon

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Zulkifli As memimpin kegiatan penanaman 5.000 batang pohon penghijauan dalam momen Bulan Menanam Nasional 2016 untuk memotivasi dan menumbuhkan budaya memelihara pohon pada masyarakat, Senin.

Penanaman berbagai pohon terdiri dari bibit mahoni, matoa, angsana dan pulai ini dipusatkan di halaman gedung lama Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau di Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat.

Zul As mengatakan, penanaman bibit pohon ini hendaknya digiatkan lagi di tengah keluarga dan lingkungan sendiri untuk mengurangi polusi udara dari banyak aktivitas pabrik industri di Dumai.

"Untuk menekan pencemaran udara karena industri berkembang di Dumai maka penting sekali kita melakukan penghijauan, baik di lingkungan sendiri maupun di kawasan hutan," kata dia.

Selanjutnya, dalam Hari Menanam Pohon Indonesia 2016 ini, masyarakat didorong untuk terus bersemangat dan termotivasi membudayakan penanaman dan memelihara pohon sebagai upaya menjaga ekosistem lingkungan.

Sebab, lanjut dia, dengan pohon penghijauan ini akan membangun ekosistem hutan yang akan mengurangi karbondioksida di udara dan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta sumber bahan baku bagi industri kehutanan.

"Melalui hari menanam pohon nasional ini mari kita ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim dengan memulai melakukan penghijauan sejak dini di lingkungan sendiri, tempat kerja maupun fasilitas publik," imbaunya.

Dijelaskan, Kota Dumai masih didominasi kawasan hutan dari total luasan mencapai 200 ribu hektar berdasarkan data Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Dumai, dan pemerintah saat ini terus berupaya perluasan wilayah bukan hutan.

Perluasan wilayah bukan hutan bertujuan agar dapat dimanfaatkan untuk pemukiman masyarakat dan mendukung sektor pertanian dengan penyediaan lahan yang dapat dikembangkan.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kehutanan Dumai Dwi Oristiawan menjelaskan, kegiatan tanam pohon ini satu upaya penghijauan dan peningkatan kesadaran lingkungan dengan menggandeng semua pihak.