Indonesia Kirim 115 Guru Ke Malaysia

id indonesia kirim, 115 guru, ke malaysia

Indonesia Kirim 115 Guru Ke Malaysia

Jakarta (Antarariau.com)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengirim 115 guru ke Malaysia, yang akan bertugas mengajar dan mendidik anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sana.

"Saya yakin dan percaya, Anda semua bisa membangkitkan peserta didik menjadi orang-orang berakrakter mulia dan pembelajar seumur hidup," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dalam acara pelepasan guru untuk anak TKI itu, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan para guru itu tidak hanya mendidik anak tetapi juga menjaga martabat bangsa Indonesia di mata internasional. "Kami mengharapkan para guru dapat memberikan pendidikan Indonesia di Malaysia."

Para guru tersebut akan ditempatkan di Sekolah Indonesia di Kota Kinabalu, Pusat Pembelajaran Komunitas, di Kota Kinabalu dan Tawa, Pusat Belajar Humana, Johor Baru, Kemanggisan dan Sarawak.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan baru 24.856 anak dari 53.687 anak Indonesia di Malaysia yang mendapatkan layanan pendidikan. "Masih banyak anak-anak Indonesia di luar negeri yang belum mendapatkan layanan pendidikan," kata menteri itu.

Hingga saat ini baru terdapat 223 guru Indonesia yang bertugas di Malaysia.