Dinkes Riau Evaluasi 37 Dokter Senior Menjadi Dokter Pendamping

id dinkes riau, evaluasi 37, dokter senior, menjadi dokter pendamping

Dinkes Riau Evaluasi 37 Dokter Senior Menjadi Dokter Pendamping

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau, menggiatkan evaluasi terhadap 37 dokter senior untuk menjadi pendamping dokter yang baru lulus melalui program internsip dokter Indonesia tahun 2016.

"Program internsip merupakan bagian integral dari proses pembelajaran profesi pada dokter yang baru lulus, program ini dilaksanakan di rumah sakit dan puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Andra Sjafril dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Andra, pedidikan profesi dokter di Republik Indonesia telah memasuki lembaran baru dalam sejarah dengan diberlakukannya program Internsip Dokter Indonesia pada tahun 2010 berdasarkan Permenkes No. 299/MENKES/PER/I/2010.

Ia mengatakan, Provinsi Riau telah melakukan program internsip dokter Indonesia sejak 2012, namun belum tentu semua dokter senior mampu menjadi dokter pendamping.

"Sedangkan dokter internsip yakni sarjana dokter yang baru lulus itu melayani pasien sebagai layaknya seorang dokter dibawah supervisi dokter senior yang disebut pendamping dokter internsip," katanya.

Ia menjelaskan, seorang dokter pendamping harus aktif dalam kegiatan pratek minimal dua tahun serta memahami prinsip-prinsip kedokteran keluarga dan prinsip pelaksanaan praktik kedokteran yang baik.

Sedangkan peran pendamping, katanya, adalah sebagai role model, motivator, teman sejawat untuk berkonsultasi dan sekaligus menjadi penilai bagi dokter yunior.

"Akan tetapi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendamping dokter internsip tentu ada permasalahan yang dihadapi baik dari peserta internsip maupun dari wahana, sehingga dibutuhkan berbagai masukan dari IDI dan Komite Dokter Internsip Indonesia," katanya.

Andra Sjafril mengatakan setiap tahun perlu evaluasi pelaksanaan program intensip dokter Indonesia dan evaluasi kinerja dokter pendamping internsip agar program pendampingan bisa berjalan dengan baik sesuai kebutuhan saat ini.