Anggota DPRD Riau: Cuma Disini Ada Ikan Sembilang

id anggota dprd, riau cuma, disini ada, ikan sembilang

Anggota DPRD Riau: Cuma Disini Ada Ikan Sembilang

Pekanbaru (Antarariau.com) - Legislator Komisi B DPRD Riau yang membawahi bidang ekonomi mengharapkan ikan Sembilang bisa menjadi primadona provinsi itu karena tidak bisa ditemui di tempat lain.

"Kita harus punya satu ikan primadona yang layak jual. Potensi ikan yang sangat bagus, gampang dan mudah dipelihara yakni Ikan Sembilang. Itu bisa jadi potensi karena tak ada dimana-mana cuma di kita," kata Anggota Komisi B DPRD Riau, Firdaus di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakannya ikan itu sama dengan Ikan Lele bentuk dan ketahanan umurnya, tapi lebih lezat Ikan Sembilang. Dia terdapat di sungai arah Pesisir Riau dengan perairan bakau sehingga sangat mudah untuk memunculkan produksinya.

"Sebarkan ke dekat hutan bakau, masukkan bibit Sembilang, maka akan bertahan sendiri lalu besar sendiri. Pakannya juga gampang yakni ikan busuk Rp1000 per Kg," ujarnya.

Jika sudah bisa dipanen maka harganya saat ini sudah Rp20 ribu per kg, belum lagi untuk ekspor. Ikan ini selain untuk konsumsi juga bermanfaat untuk masalah kewanitaan.

Dia mengatakan bahwa sudah ada orang di Pulau Jawa yang meminta Ikan Sembilang. Sudah bisa dipasarkan dengan disanggupi tambahan Rp7 ribu untuk transportasi. Namun dari Riau belum ada sanggup karena harus ada kontrak kerja sama yang harus jelas produksinya.

Untuk mengembangkannya, dia meminta kepada Pemerintah Provinsi Riau yang sedang menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah agar daerah yang punya potensi Ikan Sembilang untuk tidak dijadikan kawasan hutan. Diantaranya seperti pesisir Bengkalis, Bengkalis atau Limau Kapas dan Sinaboi di Rokan Hilir.

Hal itu dikatakannya saat rapat dengar pendapat menanggapi program Dinas Perikanan dan Kelautan Riau. Menurutnya tidak bagus program yang sekedar menebar benih saja dengan komoditas Ikan Lele, Patin, dan Gabus.