AS Kirim Sekitar 600 Tentara Tambahan ke Irak

id as kirim, sekitar, 600 tentara, tambahan ke irak

AS Kirim  Sekitar 600 Tentara Tambahan ke Irak

Baghdad/Albuquerque, (Antarariau.com) - Amerika Serikat akan mengirim sekitar 600 tentara tambahan ke Irak untuk membantu pasukan lokal merebut kembali kota Mosul dari kelompok bersenjata ISIS, demikian pejabat kedua negara menyatakan pada Rabu.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menyatakan bahwa pihaknya telah meminta pelatih dan penasihat tambahan dari Amerika Serikat. Sementara itu Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut pengiriman tentara tambahan sebagai "keputusan yang suram."

"Saya sangat berhati-hati saat mengirim tentara ke medan perang. Mereka berisiko tidak akan kembali lagi ke Amerika Serikat," kata Obama di Virginia.

Tentara-tentara itu akan melatih dan memberi masukan bagi pasukan militer Irak dan milisi peshmerga Kurdi dalam pertempuran di Mosul. Mereka juga akan "melindungi wilayah yang sudah dibebaskan di Irak," kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter.

Sebagian dari tentara baru akan ditempatkan di pangkalan udara Qayara, sekitar 60 km dari Mosul, kata Carter. Pasukan pemerintah Irak membebaskan tempat tersebut dari ISIS pada Juli dan memfungsikannya sebagai pusat logistik untuk mempersiapkan serangan lanjutan ke arah utara.

Sementara yang lain akan ditempatkan di pangkalan udara Ain al Asad di bagian barat Irak. Ratusan tentara Amerika Serikat sudah sejak lama berada di sana untuk melatih angkatan bersenjata Irak.

Carter menolak mengungkap lokasi penempatan tentara. Meski demikian, dia menyatakan bahwa beberapa tentara akan membantu upaya pengumpulan informasi intelijen, terutama terkait rencana ISIS menggelar serangan di luar wilayah yang mereka kuasai.

"Kami siap membantu pasukan Irak untuk mengkonsolidasikan semua wilayah di negara tersebut," kata Carter.