Dumai Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016

id dumai raih, penghargaan wahana, tata nugraha 2016

Dumai Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pelaksanaan sistem transportasi publik di Kota Dumai, Riau, kembali diapresiasi Kementerian Perhubungan RI dengan memberikan penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 kategori lalu lintas untuk kota sedang.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kota Dumai Renhard Ronald, Jumat menyebutkan, piala WTN diberikan kepada Dumai karena dinilai berhasil menata prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, disiplin transportasi serta lainnya.

"Penghargaan WTN ini sudah empat kali kita terima setelah melalui serangkaian penilaian oleh tim Kemenhub kepada daerah untuk melihat penataan transportasi publik," kata Renhard kepada pers.

Dijelaskan dia, penerimaan piala WTN untuk Dumai kategori lalu lintas kota sedang ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 588 tahun 2016.

Menurut dia, keberhasilan meraih penghargaan WTN sejak 2013 ini berkat kerjasama instansi perhubungan dan kepolisian serta masyarakat dalam menata dan menyelenggarakan sistem lalu lintas sehingga tercipta kedisiplinan di jalan umum.

"Penghargaan ini tidak dapat kita raih tanpa kerjasama baik semua pihak terkait dengan saling mendukung dan masyarakat yang menikmati pelayanan transportasi publik," sebut dia.

Dikatakan, meski piala WTN berhasil diraih, tapi bukan jadi tujuan akhir, melainkan suatu alat untuk memotivasi, mendorong dan menselaraskan kegiatan pembangunan dengan penataan lalu lintas dan angkutan jalan.

Diharapkan dengan penataan lalu lintas tersebut, penyelenggaraan transportasi publik menjadi lebih baik, tertib, teratur, aman, nyaman, selamat dan berkelanjutan serta berbasis kepentingan publik.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo sebelumnya menilai penghargaan WTN yang diraih dalam tiga tahun terakhir ini hendaknya menjadi motivasi bagi penyelenggara sistem transportasi agar melakukan peningkatan pelayanan lebih baik lagi.

"Penyelenggaraan transportasi harus memberikan manfaat besar bagi masyarakat, dan pemerintah terus mendorong agar insan perhubungan berbuat untuk pelayanan lebih baik dan memuaskan," ungkap politisi Demokrat ini.