Diskes Inhil Lakukan Pemantauan Persiapan Akreditas Puskesmas

id diskes inhil, lakukan pemantauan, persiapan akreditas puskesmas

Diskes Inhil Lakukan Pemantauan Persiapan Akreditas Puskesmas

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau terus lakukan pemantauan dalam persiapan akreditas ditujuh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)Kabupaten Inhil.

"Pemantauan terus kami lakukan dalam beberapa bulan," ucap Kepala Bidang Pimpinan Pengembangan Sumberdaya Kesehatan (BPPSK) Kabupaten Inhil, Matzen.

Ia mengungkapkan pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pencapaian dalam persiapan akreditas yang sudah dilakukan oleh Puskesmas bersama tim pendamping.

Ia juga mengatakan bahwa tim pendamping Puskesmas ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang sudah ditetapkan, karena menurutnya tidak akan ada peningkatan jika tidak dilakukan pendampingan.

"Adapun ke tujuh Puskesmas yang dilakukan pendampingan diantaranya Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Tembilahan kota, Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Kuala Enok Puskesmas Sungai Piring, Puskesmas Sungai Salak dan Puskesmas Kuala Lahang," ungkapnya.

Dari tujuh Puskesmas Yang dilakukan pendampingan lanjutnya, hanya empat Puskesmas yang akan diberikan penilaian sementara.

"Empat Puskesmas yang diberikan penilaian yaitu Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Gajah Mada, dan Puskesmas Kuala Enok," Jelasnya.

Sedangkan untuk Puskesmas Kuala Enok baru akan di lakukan penilaian pada Bulan November mendatang.

Adapun Hasil penilaian sementara terhadap Puskesmas yang sudah dilakukan pendampingan nantinya akan dikirim ke Kementrian untuk dilihat sejauh mana pencapaiannya dalam persiapan Akreditas.

"Jika Skor yang diperoleh dari penilaian berada di bawah 50% maka tim penilai akreditas pusat tidak akan turun ke Kabupaten Inhil karena dianggap belum mencapai standar," katanya.

Terhadap Puskesmas yang belum mencapai angka standar dari penilaian akan terus dilakukan pemantauan hingga Tahun 2017 mendatang.

"Kami berharap semoga ketujuh Puskesmas yang akan diakreditasi mampu mencapai standar dalam penilaian," sebutnya. (Adv)