Mau Nyoba Steak? Baca Dulu Keterangan Berikut

id mau nyoba, steak baca, dulu keterangan berikut

Mau Nyoba Steak? Baca Dulu Keterangan Berikut

Jakarta (Antarariau.com)- Saat nge-date bareng si dia ke resto dengan menu daging, kamu sering menemui istilah seperti Sirloin, Tenderloin, Rib Eye, T Bone dan Porterhouse. Sebenarnya, apa sih maksudnya? Biar enggak bingung, simak penjelasan berikut.

1. Sirloin

Sirloin merupakan bagian bawah dari daging iga sapi dan terletak di belakang sebelum kaki belakang. Karena letaknya dibagian kaki belakang yang notabene bekerja lebih berat dibanding bagian lain, maka sirloin memiliki daging yang agak keras dan alot setelah di makan. Selain itu, dalam daging sirloin juga terdapat bagian otot sapi yang alot. Namun, keunggulan sirloin terletak pada ukurannya yang bisa dipotong lebih besar dibanding bagian sapi lainnya.

2. Tenderloin/Filet Mignon

Berbeda dengan sirloin, tenderloin memiliki daging yang sangat lembut. Letaknya biasanya berada di bagian pinggang sapi. Tenderloin atau yang dalam bahasa Prancis disebut Filet Mignon biasanya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Karena proporsi dagingnya lebih sedikit dan memiliki daging yang lembut, maka tenderloin memiliki harga yang lebih mahal.

3. T Bone

T Bone merupakan potongan tulang pinggang berbentuk T yang dikelilingi daging pada kedua sisinya. Pada bagian sisi dengan daging lebih sedikit merupakan bagian tenderloin, sementara pada sisi dengan bagian daging lebih banyak merupakan bagian short loin. Dagingnya juga tidak selembut tenderloin.

4. Rib Eye

Ribe eye merupakan bagian dagin sapi yang terletak di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Anda bisa memesan rib eye steak dengan atau tanpa tulang. Daging ini memiliki tekstur yang lembut, berlemak dan juicy. Itu sebabnya jenis steak ini menjadi salah satu yang populer di kalangan pecinta steak.

5. Porterhouse

Porterhouse memiliki tampilan yang mirip dengan T-Bone. Yang membedakan adalah ukuran Porterhouse lebih besar daripada T Bone. Porterhouse terletak pada bagian ujung pinggang sapi yang masih menyisakan tulang berbentuk T dan potongan besar tenderloin. Porterhouse juga menjadi jenis steak yang paling populer.

Sumber: GoHitz