Desa Sawah Baru Semangat Tinggi Jadi Desa BerPHBS

id desa sawah, baru semangat, tinggi jadi, desa berphbs

Desa Sawah Baru Semangat Tinggi Jadi Desa BerPHBS

Bangkinang, (Antarariau.com) - Desa Sawah Baru Kecamatan Kampar Timur memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi Desa Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meski desa mereka masih sangat muda atau baru berumur tujuh tahun dari desa yang ada sekabupaten Kampar.

"TP PKK Kabupaten Kampar sangat bangga terhadap Desa Sawah Baru yang belum lama mekar ini sudah memiliki semangat yang tinggi utnuk berbenah dan selalu belajar memperbaiki diri," kata Koordinator Pokja 4, Lilies Ekarita didampingi Bendahara Pokja 4, Hj. Irma Suryani yang juga anggota Tim 2 Penilai PHBS dan LBS di Desa Laboy Jaya dan Sawah Baru.

Disisi lain, Lilies Ekarita menyampaikan bahwa PKK menggiatkan Lomba Desa BerPHBS ini tidak lain untuk menanamkan kesadaran bagi masyarakat yang hidup di desa supaya selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak sekedar kalau ada lomba saja.

Irma menambahkan bahwa penilaian PHBS dilakukan secara objektif sesuai dengan kondisi lapangan, karena desa yang muncul sebagai juara nanti akan membawa nama baik Kabupaten Kampar.

"Perilaku hidup bersih memang harus tertanam dalam diri masyarakat, bukan saja kewajiban bagi kaum hawa, namun semua anggota keluarga sudah membiasakan diri hidup bersih, rapi sehat dalam dan luar rumah tertata dengan baik," kata Irma.

"Kami sangat membutuhkan bimbingan, perbaikan bila perlu bisa menjadi juara Desa BerPHBS tingkat Kabupaten Kampar," ujar Kepala Desa Sawah Baru, Sofian didampingi Ketu PKK Desa, Kepala Puskesmas Kampar ztimur, Dr. Ineng Suwarsih dan kaders Posyandu dan PKK desa disana.

Dia menyampaikan bahwa sangat menyambut baik atas penilaian PHBS dan LBS, "Desa Sawah Baru siap dinilai, meski tidak bisa juara namun itu jadi barometer kedepan lebih baik, meski saya baru sembilan bulan menjabat kades, namun ini menjadi tantangan buat saya membuat desa ini lebih maju lagi," ujar Sofian.

"Masyarakat yang ada disana semuanya berjumkah 236 Kepala Keluarga, ada empat dusun yakni Palam, Pulai Jaya, Akasia, Cemara, semangat yang luar biasa membuat saya sebagai kelapa desa juga bertambah semangat," ucap Kades.

Dia katakan bahwa, saat ini tengah dibangun Posyandu ukuran 5x8 meter dengan bangunan pagar 11x40 meter, direncanakan bulan Oktober ini selesai.

Puskesmas Kecamatan Kampar Timur ini telah melaksanakan rangkaian kegiatan ,emyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yakni lomba sikat gigi masal di Desa Tanjung Bungo, penyuluhan narkoba di SMAN 1 Kampar, pemasangan KB implan di Desa Deli Makmur dan terakhir adalah penilaian PHBS.

Paginya, Tim PHBS dan LBS ini melakukan penilaian ke Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang, diterima Kepala Desa, Rahmat, Ketua PKK Kecamatan, Suhartini Amir Ludfhfi, Kapus Bangkinang, Dr. Nengsih, Ketua TP PKK Desa, Roslia.

Rahmat sangat senang ada penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Kampar, "Ini merupakan bentuk motivasi bagi masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat, meski warga kami umumnya bekerja di kebun, namun ini justru menjadikan mereka lebih bersemangat," kata Kades. (adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016