Etape I Tour De Siak Dimenangkan Oleh Pebalap Vietnam

id etape i, tour de, siak dimenangkan, oleh pebalap vietnam

Etape I Tour De Siak Dimenangkan Oleh Pebalap Vietnam

Siak (Antarariau.com) - Pebalap asal Vietnam berhasil menempatkan dirinya pertama masuk ke garis finis pada balap sepeda "Tour de Siak" 2016 di etape I di Kabupaten Siak, Riau, Rabu.

Pembalap asal Vietnam National Team (VNT) dengan nomor start 35, Thanh Dien Tran masuk pada finish pertama. Disusul pembalap Action Cycling Team asal negara Taiwan nomor start 13 Hsu Hsuan-Ping. Sedangkan pada posisi ketiga diisi pembalap KFC Cycling Team dari Jakarta Selatan nomor start 75, Muh Imam Arifin.

Thanh Dien Tran finish dengan perolehan waktu 03 jam 25 menit 02 detik. Lalu pada bagian belakang Thanh tersusun formasi kecil sebanyak tujuh pembalap sepeda menyusul dengan kecepatan tinggi dengan lintasan jalanan lurus dan datar sepanjang 154,18 kilometer.

Mereka adalah Hsu Hsuang-Ping, Muh Imam Arifin, Thanh Tung Huynh asal Vietnam, Ryan Ariehan asal Boyolali, Alvin Firlandi tim PGN Jakarta Selatan, dan Jamal Hibatullah dari KFC, dengan perolehan waktu masing-masing 03 jam 25 menit dan 06 detik.

Sedangkan tiga orang pembalap asal indonesia terbaik pada etape I ini adalah Muh Imam Arifin, Ryan Ariehan, dan Alvin Firlandi.

Sementara itu Erwin Anwar, Race Director Tour de Siak 2016 mengungkapkan, sebanyak 65 pembalap dari 13 tim balap sepeda baik dalam dan luar negeri menjajal jalanan rute etape pertama 154,18 kilometer yang dimulai dari Istana Kesultanan Siak, Kota Siak Sri Indrapura menuju Dayun dengan berputar-putar dalam tiga lap.

Tantangan bagi para pembalap pada etape kali ini cenderung lurus dan datar atau bukan berat tanjakan atau tajamnya tikungan, tapi tekanan angin disepanjang perjalanan melintasi perkebunan kelapa sawit selepas turunan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

"Ini menjadi pembeda dengan event balap sepeda lain di Indonesia karena trayeknya yang lurus dan lebar," kata Erwin.

Tepat pada pukul 09.00 Wib, seluruh pembalap melakukan start semu. Dilepas oleh Kabid Promosi Wisata Buatan Kementrian Pariwisata Hendri Karnoza, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Siak Hendrisan, dan sejumlah kepala SKPD di Pemkab Siak.

Pukul 12.30 Wib, para pembalap sepeda tergabung dalam Tim PRB Pessel Bank Nagari, Lombok Bike Community, Custom Cycling Club, BSP Siak, PGN Road Cycling Team, KFC Cycling Team, BRCC Banyuwangi, United Bike Kencana, ACC, Lof Cycling Team Philippines, Vietnam Nationalnomor Team, dan Black Ink CCN Cyclingnomor Team finish di Raja Kecik atau depan RSUD Tengku Rafian Siak Sri Indrapura.

Oleh: Nella Marni