Gelaran "Tour De Siak" Mampu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

id gelaran tour, de siak, mampu tingkatkan, kunjungan wisatawan

Gelaran "Tour De Siak" Mampu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak semakin mantap dan optimis untuk meningkatkan wisatawan yang datang mengunjungi Siak, Hal tersebut terlihat dari upaya yang dilakukan pemda daerah setempat dengan menaja berbagai kegiatan atau event baik ditingkat nasional maupun internasional.

Pemerintah Kabupaten Siak juga optimis bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara pada tahun 2016 ini karena Pemkab Siak sudah mulai menggalakkan kegiatan-kegiatan hingga tingkat internasional.

Tahun 2016 ini Bupati Syamsuar menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 150ribu orang. Hingga per 31 Agustus ini sudah terealisasi sebanyak 87 ribu kunjungan datang ke Kabupaten Siak. Bahkan orang nomor satu di Siak ini telah memasang target akan menjadikan kabupaten Siak sebagai daerah tujuan pariwisata ditingkat nasional.

TDS 2016

Dalam kurun waktu empat bulan kedepannya pihak Pemda Siak optimis bisa melebihi target yang sudah ditetapkan, karena selama kurun waktu tersebut akan ada beberapa kegiatan menarik yang diadakan di Kabupaten Siak. Seperti Dirgahayu Siak ke-17 akan menampilkan permainan dan jajanan khas daerah setempat, Festival Siak Bermadah yang baru dilaksanakan, dan Tour de Siak balap sepeda internasional yang saat ini tengfah berlangsung hingga 22 Oktober 2016.

Dia juga mengatakan, pada tahun 2015 kunjungan wisatawan Kabupaten Siak ada sebanyak 105.000 orang, angka tersebut sudah melebihi dari target sebesar 65.000. Katanya lagi Pemda sudah mulai menggalakkan kerja sama dengan Tour dan Travelling untuk semakin mempermudah ajang promosi.

Bupati Siak Syamsuar mengatakan event Tour de Siak akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat lokal, dengan begitu ekonomi kerakyatan akan semakin terangkat, karena adanya perputaran uang diseputar masyarakat. Katanya yang tidak kalah penting itu wisatawan yang datang ke Siak akan semakin banyak.

TDS 2016

"Event Tour de Siak akan mendatangkan banyak manfaat kepada masyarakat kabupaten Siak, karena pariwisata sifatnya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Budaya Melayu menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan mancanegara," kata Bupati Syamsuar.

Lebih lanjut dia mengatakan, dibandingkan dengan besaran anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, manfaat yang akan dirasakan masyarakat jauh akan lebih banyak.

"Contohnya, terwujudnya dukungan infrastruktur yang baik karena digunakan sebagai lintasan balap sepeda setiap tahunnya. Infrastruktur yang baik akan memperkecil kemungkinan terjadi inflansi di kabupaten Siak, mobilitas orang dan barang tanpa hambatan," lanjutnya.

Katanya lagi, saat event TDS berlangsung dari tanggal 17-22 Oktober akan terjadi perputaran uang ditengah masyarakat, sehingga akan memperkuat ekonomi kerakyatan.

Berbagai rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Tour de Siak 2016 disusun oleh pemerintah kabupaten Siak. Diantaranya Fun Bike atau sepeda santai, parade gasing dan permainan kompang oleh 2676 pemain, lanjut hiburan dari artis ibukota yakni Virza, dan perlombaan balap sepeda sepanjang 543 kilometer.

TDS 2016

Masyarakat sangat antusias mengikuti Fun Bike sebagai salah satu rangkaian Tour de Siak 2016, Bupati Siak dan Wabup Alfedri juga ikut sepeda santai pagi itu, dan ditemani juga oleh Sekdakab Siak T.S. Hamzah dan beberapa unsur SKPD lainnya. Beberapa hadiah menarik telah dipersiapkan untuk pemenang Fun Bike.

Siangnya, lapangan tugu depan istana dipadati ribuan masyarakat untuk menyaksikan parade gasing dan kompang dalam menyambut kedatangan gubernur riau dan bupati Syamsuar yang akan membuka secara resmi perhelatan Tour de Siak 2016.

Bahkan pelajar Siak berhasil memecahkankan rekor muri Indonesia pemain kompang terbanyak yang diserahkan langsung oleh direktur museum RI kepada Bupati Syamsuar pada pembukaan iven balap sepeda internasional "Tour De Siak" 2016.

Sebanyak 2.676 pemain kompang meriahkan pembukaan iven balap sepeda internasional "Tour De Siak" yang berlangsung dari tanggal 17-22 Oktober 2016 di lapangan tugu depan Istana Siak Sri Indrapura.

Tampak masyarakat sangat antusias menyaksikan pembukaan Tour De Siak 2016 yang dimeriahkan oleh permainan rakyat parade kompang dan gasing yang dimainkan oleh siswa dasar dan seluruh pelajar SMP dan SMA se-kabupaten Siak dan orang dewasa.

"Adanya permainan kompang dan juga gasing pada tahun ini, sengaja dibuatkan sebagai pembeda dari sebelumnya. Pemecahan rekor muri pemain kompang ini adalah perolehan prestasi dari pelajar Siak di Indonesia. Ini adalah peristiwa kooperatif dari hasil karya dan karsa anak bangsa yang patut diapresiasi dan dibanggakan," katanya.

Bupati juga menuturkan Tour de Siak yang sudah berlangsung empat tahun ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Sejumlah turis lokal maupun mancanegara, kata dia, mulai berdatangan ke Siak yang memiliki wisata sejarah kerajaan Melayu Riau.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat membuka Tour de Siak 2016 di lapangan tugu depan istana mengatakan bahwa Tour De Siak bukan hanya sekedar ajang perlombaan balap sepeda, melainkan sudah menjadi magnet pariwisata provinsi Riau.

"Terbukti melalui Tour De Siak ini, juga membawa nama Riau ke mancanegara. Bahkan dukungan dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif mempromosikan Tour De Siak sangat baik," papar Gubernur Riau. (ADV)

Oleh: Nella Marni