Desa Ganting Siap Menuju Desa Tidak Buang Air Besar Sembarangan

id desa ganting, siap menuju, desa tidak, buang air, besar sembarangan

Desa Ganting Siap Menuju Desa Tidak Buang Air Besar Sembarangan

Salo, (Antarariau.com) - Kepala Desa Ganting, Harmonis menyatakan siap menuju Desa Tidak Buang Air Besar Sembarangan atau Open Devication Free (ODF).

"Desa Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar siap menuju Desa Tidak Buang Air Besar Sembarangan," ujar Kepala Puskesmas Salo, Dr. Siti Valiani saat menemui Kades Ganting.

Dia jelaskan bahwa dari jumlah penduduk 2830 atau 700 kepala keluarga ini hanya satu saja yang tidak memiliki jamban sehat, namun mereka menumpang di rumah Kepala Desa.

Sebelumnya dari 81 kepala keluarga yang belum punya jamban, setelah diadakan pemicuan tinggal empat lagi, itupun numpang di rumah tetangga, kemudian ditelusuri lagi hanya satu yang belum punya jamban, namun mereka numpang di rumah tetangga, Kades Ganting menyanggupi membuatkan jamban sederhana.

"ODF merupakan hal yang harus disosialisasikan secara langsung kepada masyarakat agar mereka dapat memahami bahwa bahayanya buang besar sembarangan itu menyebabkan menywbarnya bibit penyakit, bukan saja lingkungan kotor, juga berbau tidak sedap, ini sangat mengganggu kesehatan bagi masayarakat sekitar," kata Yani panggilan akrab Kapus Salo ini.

Selain itu, dengan lingkungan bersih, bebas dari bau busuk membuat masyarakatnya hidup sehat dan nyaman dimanapun tempat tinggal harus bisa selalu menjaga kesehatan dan lingkungan dari berbagai polusi udara maupun bersih dari sampah-sampah yang merusak pemdangan.

"Ditargetkan 2019, di Kabupaten Kampar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan, semua desa sudah ODF, itulah harapan dari pelaksanaan program Dinas Kesehatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Kades Ganting Harmonis menyatakan siap membantu warganya yang belum punya jamban sehat, dan berkomitmen desa wilayah kerjanya bisa mencapai ODF, tidak ada satupun lagi yang buang air besar sembarangan dan semua memiliki jamban sehat, insya Allah harapan ini dapat dideklarasikan pada puncak Hari Kesehatan Nasional nantinya. (Adv)