Pemeriksaan HIV Sudah Dapat Dilakukan Di Semua Puskesmas Di Pekanbaru

id pemeriksaan hiv sudah dapat dilakukan di semua puskesmas di pekanbaru

Pemeriksaan HIV Sudah Dapat Dilakukan Di Semua Puskesmas Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi Penanggulangan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyatakan semua pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah setempat sudah membuka pelayanan tes pemeriksaan Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Saat ini ada 20 Puskesmas di Kota Pekanbaru bisa memberikan pelayanan tes HIV," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Hasan Supriyanto di Pekanbaru, Kamis.

Hasan menjelaskan dengan kemudahan akses yang diberikan Pemerintah Kota (Pemko) untuk melayani tes, diharapkan akan mendorong warga masyarakat terbuka kemauannya mendatangi Puskesmas.

"Masyarakat yang ingin tes HIV bisa datang di setiap Puskesmas," terang dia.

Hasan mengatakan lagi Puskesmas yang sudah bisa memberikan pelayanan tes HIV kini memiliki tenaga kesehatan di bidangnya. Serta didukung peralatan.

"20 Puskesmas ini tersebar di setiap kecamatan se-Kota Pekanbaru," tegasnya.

Menurut Hasan dilengkapinya alat pemeriksaan tes HIV di tiap Puskesmas bertujuan untuk menambah pelayanan maksimal bagi masyarakat.

"Ini salah satu wujud upaya penanggulangan HIV Pemko Pekanbaru," katanya lagi.

Diakui dia selama ini pemeriksaan HIV dilakukan pada Rumah Sakit khusus dan beberapa Puskesmas yang ditunjuk.

Kedepan tidak lagi, semua Puskesmas sudah membuka pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan atau tes HIV.

Sejalan dengan itu KPA Pekanbaru berharap masyarakat dapat dengan sukarela melakukan pemeriksaan sejak dini kondisi HIV pada dirinya, karena itu cukup penting untuk pencegahan.

Pemeriksaan sukarela dapat mencegah dan mengetahui status HIV sedari dini.

"Pemeriksaan secara dini diperlukan, guna mendeteksi lebih awal infeksi HIV. Karena dengan demikian upaya lanjutan untuk pencegahan dapat dilakukan sesuai dengan prosedur," katanya menambahkan.

Masih kata dia, Puskesmas yang telah menyediakan layanan ini sudah menerapkan prosedur pemeriksaan, antara lain kerahasiaan status yang dites.

"Prinsip penting dalam tes HIV adalah kerahasiaan," tegasnya.

Artinya hasil tes HIV, baik positif maupun negatif tidak boleh menjadi konsumsi banyak orang kecuali dokter atau perawat yang periksa dan yang bersangkutan.

Tidak hanya di puskesmas, tes HIV juga ada di rumah sakit pemerintah maupun swasta.

"Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, rumah sakit yang dapat melayani tes HIV antara lain RSUD Arifin Achmad, RS Jiwa Tampan, Bayangkara, TNI AU, Awal Bros dan DKAP PMI Riau.

"Selain itu terdapat juga rumah sakit yang khusus untuk pengobatan yaitu RS Arifin Ahmad, Tampan dan Santamaria," jelasnya.

Ia menyarankan khususnya masyarakat yang merasa pernah melakukan tindakan berisiko agar datang memeriksakan diri.