Rangsang Perekonomian Masyarakat, Pemko Harapkan Tol Pekanbaru-Dumai Segera Dibangun

id rangsang perekonomian, masyarakat pemko, harapkan tol, pekanbaru-dumai segera dibangun

Rangsang Perekonomian Masyarakat, Pemko Harapkan Tol Pekanbaru-Dumai Segera Dibangun

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau berharap tol Pekanbaru-Dumai segera dibangun walau proses ganti rugi tujuh persil masih belum tuntas, guna merangsang perekonomian.

"Kan ganti ruginya sudah dititip ke pengadilan, semoga pembangunan bisa segera dilakukan," kata Asisten II Bidang Perekonomian Pekanbaru Dedi Gusriadi di Pekanbaru, Sabtu.

Dedi menjelaskan dari pertemuan bersama pihak provinsi beberapa waktu lalu memang tidak ada lagi kendala yang berarti untuk memulai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Semua sudah diserahkan ke pengadilan sebagai jalur akhir.

"Kami berharap pembangunan tol Pekanbaru- Dumai segera dimulai karena akan berdampak bagi perekonomian Riau," tegasnya.

Di sisi lain Masperi Asisten II Setdaprov Riau Bidang Ekonomi dan Pembangunan membernarkan pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Dumai terus digesa.

Walau sebanyak tujuh persil bidang lahan masih belum selesai ganti ruginya.

"Ada sekitar 2,8 Km lahan jalan tol mulai dari Muara Fajar hingga perbatasan Pekanbaru dan Siak dengan luas 408 hektare yang belum tuntas ganti ruginya," ujarnya.

Dari tujuh persil lahan ini diketahui ada enam orang pemilik.

Menurut Masperi masalahnya adalah tidak ditemukan kecocokan harga ganti rugi lahan antara pemilik dan tim appraisal (penilaian).

"Agar proses pembangunan jalan tol tetap berlanjut maka proses ganti rugi diserahkan ke pengadilan," jelasnya.

Dalam proses di pengadilan sebut dia pada Rabu 12 Oktober 2016 lalu sudah dilakukan mediasi. Namun tidak ada titik temu.

"Karena mediasi tidak berhasil maka akan proses hukum tetap lanjut," sebutnya.

"Meski masih ada lahan bermasalah namun ini tak akan mengganggu proses pembangunan jalan tol sepanjang 126 Km (78 mil) yang akan dibangun ini akan menghubungkan Pekanbaru- Dumai dengan melintasi tiga kota.