Ratusan WNI Eks Timor Timur Di Riau Terima Kompensasi Rp10 Juta/keluarga

id ratusan wni, eks timor, timur di, riau terima, kompensasi rp10 jutakeluarga

Ratusan WNI Eks Timor Timur Di Riau Terima Kompensasi Rp10 Juta/keluarga

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Sosial Provinsi Riau akan menyalurkan pembayaran kompensasi senilai Rp10 juta/keluarga kepada 137 Warga Negara Indonesia Eks Timor Timur yang berdomisili di kawasan setempat pada November 2016 mendatang.

"Kami mendata sekitar 137 bekas Warga Timor Timur berdomisili di Riau memperoleh kompensasi sebesar Rp10 juta/keluarga. Dalam waktu dekat, sekitar awal November akan kita realisasikan," kata Kepala Dinsos Riau Syarifuddin di Pekanbaru, Minggu.

Syarifuddin mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2016 yang diterbitkan pada 30 Maret 2016 lalu, bahwa dengan memperhatikan asas keadilan dan kepatutan, maka bagi WNI Eks Provinsi Timor Timur yang berdomisili di luar Provinsi NTT akan diberikan kompensasi dalam bentuk bantuan berupa uang yang besarannya Rp10.000.000,- per keluarga.

"Sesuai Perpres ini lah, penyaluran kompensasi kita jalankan sehingga mereka tidak lagi menuntut kepada pemerintah," ucapnya.

Pemberian kompensasi, kata Syarifuddin, berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI. Sedangkan Dinsos Riau bersama Dinsos Kabupaten/Kota hanya selaku fasilitator yang melakukan pendataan dan validasi warga eks Timor Timur di masing-masing kawasan.

"Validasi data sudah dilakukan dengan bekoordinasi bersama Dinsos Kabupaten/Kota," katanya.

Dia memaparkan, penyaluran tunai kompensasi akan dilakukan via transper rekening pada awal November. Sehingga diharapkan akan dapat digunakan untuk modal usaha.

Sebagai informasi, pemberian kompensasi ini merupakan kompensasi terakhir yang bersifat final, dan hanya diberikan satu kali. Setelah pembayaran kompensasi, tidak ada lagi tuntutan kepada pemerintah.

"Yang mereka tuntut itu kan modal usaha karena mereka selama ini merasa terabaikan dan terpinggirkan. Sehingga kalau sudah disalurkan dapat bermanfaat besar," ucapnya.

Oleh: Diana Syafni