Pelantikan Septina Sebagai Ketua DPRD Riau Didemo Pemuda dan Mahasiswa

id pelantikan septina, sebagai ketua, dprd riau, didemo pemuda, dan mahasiswa

Pelantikan Septina Sebagai Ketua DPRD Riau Didemo Pemuda dan Mahasiswa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Massa yang menamakan diri Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Peduli Riau melakukan deminstrasi atas Pelantikan Ketua DPRD Riau yakni Septina Primawati yang merupakan Istri Mantan Gubernur yang saat ini menjadi terpidana kasus korupsi.

"Kami meminta DPRD Riau membatalkan pelantikan Septina Primawati sebagai Ketua DPRD karena tidak etis jabatan itu dipegang oleh Istri terpidana korupsi," kata Koordinator Lapangan, Supriadi di depan Gedung DPRD Riau Pekanbaru, Senin.

Menurutnya pelantikan Septina sebagai Ketua DPRD Riau adalah sebuah kecelakaan sejarah serta pengingkaran atas nilai-nilai demokrasi Indonesia. Septina adalah sosok yang tidak siap dan belum pantas menjadi Ketua DPRD Riau karena masih adanya anggota legislatif dari Partai Golkar lainnya yang memiliki kualifikasi lebih unggul.

"Sementara Septina dikenal baru pertama kali menjadi anggota legislatif, minim pengalaman sebagai seorang kader partai, ditambah memiliki catatan memalukan sebagai istri seorang terpidana korupsi," orasinya.

Dengan demikian dinilai pelantikan Ketua DPRD Riau adalah sikap pembangkangan dan tidak mengindahkan semangat Gerakan Nasional Revolusi Mental Presiden Joko Widodo. Itu karena korupsi yang dilakukan suami Septina, Rusli Zainal selaku mantan Gubernur Riau merupakan duri bagi pembangunan Riau ke depan.

"Sebagai istri Rusli Zainal Septina tidak pantas memimpin DPRD Riau karena bagian dari Rezim Koruptif yang sudah tentu ikut menikmati hasil dari korupsi yang dilakukan," sebutnya.

Oleh karena itu, dia meminta Dewan Pimpinan Partai Golkar meninjau kembali keputusan penetapan Septina sebagai Ketua DPRD Riau. Selain itu meminta Presiden juga memberi teguran keras kepada Ketua DPP Golkar, Setya Novanto yang telah menetapkan.

Sementara itu pelantikan Septina tetap berlangsung di ruang paripurna DPRD Riau. Septina juga sudah mengambil sumpah jabatan menggantikan Suparman yang mengundurkan diri lebih dari setahun yang lalu karena mengikuti pemilihan kepala daerah.